2 media paling efektive untuk bisnis online

Tehnologi berkembang dengan sangat cepat, dan salah satu dari penemuan yang fenomenal itu bernama Internet. Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, terutama bagi yang menjalankan atau yang baru dalam hal memulai bisnis online .

Hampir semua orang di dunia ini sudah familiar dengan yang namanya internet.
Pengguna internet di setiap negara sangat besar,apalagi dengan dukungan perusahaan handphone yang sudah memudahkan penggunanya untuk meng-akses segala informasi yang dibutuhkan, tak terkecuali seperti halnya berbisnis.

Bisnis online.

2 media paling efektive untuk bisnis online
Bisnis online
Dalam keseharian kita, bisnis lewat internet dikenal dengan nama bisnis online.
Sudah menjadi trend bagi semua orang bahwa menjalankan bisnis online atau lewat internet bisa dilakukan dengan sangat mudah dan siapapun bisa menjalankannya.
Untuk yang sudah mahir dalam melakukan bisnis online, mungkin tidak banyak menemui kendala dalam menjalankannya, tetapi bagi pemula yg masih bingung dengan langkah pertama untuk memulai-nya, maka saya berusaha untuk memberi penjelasan tentang bagaimana cara memulai bisnis online itu.

Setelah kemarin anda membaca tentang 3 Alasan kenapa harus jualan dengan toko online maka untuk memulai bisnis online itu sendiri, ada dua cara yang paling efektive jika anda ingin memulai ingin menekuni bisnis Online itu.
Bagaimana caranya dan kenapa alasannya..? Berikut sudah saya rangkum secara singkat.

Membuat toko online.


Membuat toko online sebetulnya sangat sederhana dan tidak serumit yang anda bayangkan.
Bagi seorang blogger, pengalaman akan pemakaian hosting gratis (blogspot) atau berbayar (Wordpress) tentu menjadi pengalaman penting karena itu akan mempermudah dalam menerapkannya di toko online seperti memposting produk,mempercantik tampilan template dan keahlian lain yang sudah biasa di lakukan.
Semua itu bisa dilakukan karena ya itu tadi, pengalaman dan sedikit pengetahuan tentang bagaimana mengelola situsnya dengan baik sehingga menjadi blogger yang kompetitif di dunia online.
Ungkapan diatas tentu terdengar mudah bagi yang sudah biasa, nah kalau yang belum berpengalaman, ini tentu menjadi masalah dan kalau toko online itu di buat dengan "sambil" belajar, tentu memakan waktu yang tidak sebentar dan hasilnya-pun jadi kurang efektive.
Namun apa boleh buat, meski tidak efektive yang namanya belajar ya tidak ada salahnya dan saya yakin pada suatu waktu/titik tertentu hasilnya akan nampak dan itu harus di lakukan untuk memulai bisnis online.
Jadi disini saya menyarankan anda untuk mencoba belajar bikin situs atau website yang nantinya dapat di jadikan toko online untuk bisnis anda.
" Tapi saya malas dan tidak ada waktu untuk membuat toko online itu..? adakah solusi instan untuk memiliki toko online..?".
Kalau anda mau mencari di Internet maka banyak jasa bikin toko online yang di buat dan itu sudah siap pakai plus panduan lengkapnya.
Pertanyaan-nya adalah : Mahal-kah beli toko online dengan harga Rp 500.000 - 800.000 itu ..? Kalau hemat saya sebetulnya tidak, karena untuk nama domain ( dot com ) dan sewa hosting ( CMS wordpress ) saja minimal sudah Rp 300.000,- /tahun dan itu belum termasuk template premium yang harga termurahnya sekitar Rp 75.000,-.

Jadi mahal tidaknya sebuah toko online itu sangat relative namun kalau di lihat dari manfaat dan global-nya jangkauan pelanggan yang bisa di dapat,tentu sangat sebanding dengan harga yang mereka tawarkan dan toko online tersebut siap pakai.
Jadi solusi untuk punya toko online itu sebenarnya bisa di dapat dengan cara bikin sendiri atau beli toko online langsung jadi sebagai awal memulai bisnis online.

Menjadi member situs E-Commerce untuk toko online gratis.


Akhir-akhir ini, banyak E Commerce yang menawarkan sistem member dimana sistem tersebut memungkinkan bagi siapa saja untuk menjual produknya di situs mereka.
Ini tentu fenomena menarik dimana seseorang yang ingin berjualan tidak harus membeli toko online yang mahal untuk memulainya melainkan cukup bergabung menjadi member E-Commerce dan setelah itu langsung jualan.
Ini tentu sangat mudah,hemat dan menarik karena tujuan dari bisnis online itu sendiri adalah menjual produk dengan mudah,praktis dan bisa diakses oleh semua orang.
Situs mana saja yang menawarkan sistem member gratis untuk bisa memulai bisnis online itu...berikut bisa anda coba:
E-Commerce di atas menawarkan kepada kita menjadi member dan setelah itu kita bisa langsung jualan.
Pertanyaannya adalah lebih menguntungkan mana punya toko online sendiri atau gabung dengan toko online di atas..?
Menurut saya sih ke-duanya sangat menguntungkan karena itu sangat bermanfaat kalau di terapkan untuk saling melengkapi.
Dengan memiliki Toko Online sendiri keuntungannya adalah bahwa kita punya akses penuh atas toko tersebut,mengelola dan mengendalikan sesuai keinginan kita, sementara kalau kita ikut bergabung dengan Toko Online seperti tersebut di atas, kita mendapatkan komunitas besar, kesempatan dapat pelanggan banyak dan juga mudah karena sistem yang ada di situs tersebut sangat profesional dan terpercaya mulai dari aturan pembayaran,support dan customer care yang menjadikan tingkat kepercayaan jadi tinggi.
Jadi memiliki keduanya memang sangat menguntungkan kalau kita cerdas untuk memanfaatkan, mengaitkan dan menjadikan itu sebagai toko online yang saling "terhubung" sebagai awal membangun bisnis online kita.

Alasan kenapa harus punya toko online.


Seperti kita tahu bahwa setelah kita punya website/toko online sendiri maka kita punya akses penuh untuk memasukan produk yang akan di jadikan bisnis kita.
Namun kalau hanya sekedar pasang produk dan harga di website saja, maka toko online anda akan tenggelam jauh dan sulit bersaing karena di pastikan toko anda ada di halaman 20 search enggine google dan melihat fakta itu, saya yakin toko anda akan sulit di temukan pengunjung karena rata-rata pengguna internet mencari sesuatu hanya di halaman 1 dan 2 saja.

Trus bagaimana agar produk kita ada di halaman 1-2 search enggine google dan mudah di temukan..?
Tentu jawabannya adalah membuat ARTIKEL yang membahas tentang produk ataun bisnis anda.
Buatlah artikel minimal 300 kata dan unik ( jangan hasil kopas ) dan posting dengan judul yang menarik di toko online anda. Setelah itu tunggu hasilnya agar robot google merayapi artikel anda untuk memposisikan-nya di hasil penelusuran.

Memang semua itu butuh keahlian yang oleh webmaster di namakan ilmu SEO ( itu bisa anda pelajari ) namun inti dari membuat artikel adalah agar produk anda dapat di temukan di kotak telusur google saat ada orang mengetikan produk tersebut.
Jadi itu manfaatnya punya website/toko online dan itu bisa anda buktikan jika sudah memulai.

Oh ya...sebagai contoh kenapa artikel itu punya pengaruh terhadap hasil pencarian search enggine, anda bisa coba membuktikannya dengan mem-posting artikel+photo produk di facebook,tweeter,instagram dan website..Anda kasih judul yang sama di setiap artikelnya, dan setelah itu publish...Setelah beberapa saat (1-2 jam berikutnya) anda ketikan judul tersebut di kotak pencarian google...dan hasilnya bisa anda ketahui....itulah bukti betapa sangat penting peran artikel dalam menempatkan posisi bisnis kita di hasil pencarian search enggine google.

Demikian penjelasan tentang dua media yang paling efektive untuk memulai bisnis online. Semoga bermanfaat dan sukses untuk anda.

Recent