July 15, 2018

3 langkah awal untuk memulai bisnis dropship

Salah satu bisnis online yang populer dalam 5 tahun terakhir, bisa jadi adalah jualan produk dengan sistem dropship di marketplace.
Sistem dropship sangat terkenal karena tanpa mempunyai produk, siapa saja bisa berjualan, membuat harga jual dan yang enaknya lagi tidak perlu repot packing produk untuk di kirim ke pembeli karena semua itu sudah di urus oleh produsen/pemilik dari produk tersebut.
cara belajar bisnis dropship.
Ilustrasi jualan sistem dropship.
Jadi di sini anda tinggal memajang produk di marketplace dan ketika ada yang membeli, anda tinggal menghubungi pemilik produk untuk memastikan ketersediaan barang, melakukan pembayaran dulu kemudian meminta kepada produsen agar mengirim barang atas nama anda ke pembeli yang di marketplace tadi.
Ini jelas bisnis yang mudah, bisa di lakukan oleh siapa saja dan soal keuntungan..ehm..anda sendiri yang menentukan.

Langkah awal memulai dropship.

Buat anda yang ingin belajar menjadi dropshier, tentu ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum memulainya. Ini penting karena meski terlihat mudah, pemahaman yang benar akan sistem dropship menentukan keberhasilan anda dalam menjalankan-nya. Langkah dan persiapan apa saja untuk memulai bisnis dropshiop, berikut penjelasannya.

Mencari produsen/suplier.

Langkah pertama tentu saja mencari produsen atau suplier produk buat jualan di marketplace.
Mencari pemilik produk memang bukan hal yang mudah apalagi kalau kita mengandalkan searching di mesin pencari google. Memang boleh saja namun harus di cermati lebih detail karena belum tentu produsen tersebut merupakan "pemilik tulen" dari produk yang akan dijual nanti.

Saran saya lakukanlah komunikasi lebih insentive mulai dari pengecekan stock barang,cara pembuatan,cara pembelian,cara pengiriman,bisa melihat lokasi dsb...yang semua itu harus di komunikasikan se-wajar mungkin dengan tujuan akan tumbuh saling percaya dan dari komunikasi tersebut anda dapat mengambil kesimpulan bahwa dialah produsen/pemilik produk yang sebenarnya.
Setelah anda yakin dengan produsen yang tepat, lakukan pembicaraan untuk melakukan kerja sama penjualan dengan menjelaskan sistem dropship yaitu ketika ada yang membeli di toko anda, maka anda akan melakukan pembayaran-nya, setelah itu proses pengiriman di lakukan oleh produsen atas nama anda ke pembeli yang sudah memesan dan melakukan pembayaran di marketplace tempat anda berjualan.

Kalau semua lancar, berarti anda sudah menemukan produsen/suplier produk yang tepat dan jangan lupa, selalu menjalin komunikasi yang berkelanjutan ( by WA,SMS ) agar setiap perubahan harga dan stock produk dapat di ketahui dengan cepat agar anda juga bisa update di marketplace anda nanti.

Daftar di Marketplace.

Langkah ke-dua mendaftar sebagai penjual di marketplace ternama seperti bukalapak.com,tokopedia.com,shopee.co.id,winmarket.id,kaskus.com dll. Ini mudah dilakukan karena pendaftarannya hanya mengisi data pribadi kemudian anda bisa langsung mulai jualan dengan produk dari produsen tadi.
Kenapa harus ke marketplace...? dan apa boleh di pasang di toko online sendiri..?
Tentu saja boleh dan memasang produk di marketplace atau toko online tentu ada kelebihannya masing-masing.
Dengan memasang produk di marketplace, anda bisa menemukan manfaat seperti :
  • Marketplace merupakan "Pasar Jaya-nya " jual-beli online karena di situlah orang berkumpul mulai dari pedagang,pembeli,dropshiper dan pengunjung lain yang sekedar melihat-lihat produk,harga,discount dll.
  • Marketplace mempunyai sistem yang bagus mulai dari keamanan transaksi,tampilan situs,komunikasi chat dan lain sebagainya.
  • Marketplace sudah punya nama besar sehingga dengan berjualan di sana, produk dan nama kita jadi semakin di kenal dengan cepat.
Sementara ketika produk di pasang di toko online sendiri, anda dapat lebih fokus lewat tehnik-tehnik pemasaran seperti membuat konten marketing, memakai iklan berbayar seperti google adword dll sehingga produk anda bisa dapat menempati posisi pertama di hasil pencarian google.
Namun ini juga butuh anggaran dana untuk memakai jasa adword atau keahlian tersendiri ketika dilakukan lewat cara penulisan artikel yang bersifat informatif,menjual dan mengerti tehnik SEO agar posisi bisnis anda berada di halaman pertama search engine.

Belajar soal teknis dropsip.

Ini sebetulnya masuk dalam kategori pengalaman dimana anda akan mengetahui sendiri ketika bisnis sudah berjalan.
Tapi sebagai pengetahuan dasar saja, soal teknis tentu harus di pahami dasar-dasarnya seperti :
  • Bagaimana menetapkan harga.
  • Bagaimana harus siap dengan chat pertanyaan pembeli.
  • Bagaimana harus melihat persaingan harga.
  • Bagaimana ketika return produk.
  • Bagaimana men-singkron-kan lokasi pengiriman.
  • Dan masih banyak lagi.
Ingat bahwa di sini yang "seolah-olah" pemilik produk adalah anda sehingga ketika pembeli bertanya, jawaban yang baik akan memuaskan pembeli dan itu akan membawa nilai positive bagi nama ataupun toko anda.

Jadi sedikit belajar tentang teknis memang perlu dan itu akan membuat anda semakin dewasa ketika hal-hal baru juga di temui ketika anda sudah mulai berjualan di berbagai marketplace.

Dengan memahami tiga langkah di atas, memang terlihat sederhana untuk menjadi seorang dropsiper handal.
Namun yang namanya bisnis, tentu harus tetap berpijak dalam kehati-hatian agar semua berjalan lancar dan sesuai harapan.
Saran saya mulailah dengan satu-dua produk dulu ketika memulai... saat anda fokus,tak mustahil anda akan sukses dengan cepat dan yang terpenting adalah pengalaman positive yang akan dibawa ke tingkat bisnis berikutnya.
Jangan lupa untuk membaca tentang bagaimana memulai bisnis online untuk pemula, karena disitu bisa anda pahami tentang macam-macam bisnis online seperti :
Dan masih banyak lagi.

Akhir kata silahkan di coba bisnis online sebagai dropshiper..semoga sukses menyertai anda.

0 komentar

Post a Comment

Mohon tidak menyertakan link aktif di kolom komentar. Profil komentar anda sudah jadi link yang bagus kok di mata google..Trims atas pengertiannya.