3 manfaat marketplace bagi pelaku bisnis

Masih melanjutkan pembahasan tentang E-commerce atau marketplace yang kali ini akan melihat berbagai kelebihan/manfaat di lihat dari sudut efektifitas, waktu dan berbagai kemudahan saat kehadiran situs marketplace ternyata sangat membantu para pelaku bisnis online.
keuntungan jualan di marketplace
Marketplace
Seperti kita tahu bahwa geliat bisnis UKM yang tumbuh belakangan ini menjadi inspirasi penting bagi pengembang tehnologi internet untuk lebih terpacu dalam mengembangkan tehnologi online yang nantinya dapat menopang perkembangan bisnis dari hasil pelaku UKM tadi.
Ini seperti kebutuhan yang mendesak karena dengan munculnya produk-produk baru tiap hari tetapi jika tidak di barengi dengan sebuah pasar yang terfokus, maka pertumbuhan dan perkembangan bisnis itu akan lambat dan ini jelas bisa melemahkan semangat para produsen ketika tidak menemukan penjualan yang maksimal.

Dari permasalahan itulah kemudian muncul beberapa marketplace besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, DJ.id, zalora dan masih banyak lagi. Mereka sudah hadir sebagai " sebuah Pasar " dimana semua orang bisa jadi penjual atau pembeli, sekedar melihat atau numpang lewat dan lewat marketplace mereka-lah, pelaku bisnis berkumpul untuk menjual produknya, ber-transaksi, ber-interaksi dan melakukan aktifitas lainnya.
Lantas manfaat apa yang bisa di dapat pelaku bisnis UKM dengan kehadiran marketplace tersebut..? Berikut sudah saya rangkum beberapa kelebihan yang dapat kita ketahui.
Baca juga : 7 manfaat jualan di tokopedia.

Marketplace sebagai pasar yang efektif.

Sebagai pemilik produk, kehadiran marketplace tentu sangat membantu dalam hal menemukan pembeli yang langsung tepat sasaran karena kehadiran mereka sudah dikenal oleh banyak orang sehingga kita cukup memasang produk, menentukan harga pas dan transaksi-pun bisa dilakukan dengan siapapun tanpa di batasi jarak dan waktu.
Inilah yang di sebut bisnis modern dimana jangkauan pemasaran sudah tak berbatas lagi.
Selain kemudahan yang tergambar di atas, sistem yang ada di situs marketplace juga sudah memadai mulai dari sistem transaksi yang aman, dukungan pengiriman logistik yang baik serta dukungan lain seperti sistem promosi, discount dan ke-mitra-an yang semua itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang melakukan transaksi.
Ini jelas sangat efektif jika kita bandingkan dengan transaksi offline yang tentunya memiliki banyak kelemahan seperti jangkauan yang terbatas, modal yang di butuhkan cukup besar dan berbagai promosi yang tentunya banyak makan waktu dan tenaga.
Itulah kenapa kehadiran marketplace seperti menjawab ke-efektif-an pelaku bisnis dalam hal pemasaran, jangkauan pelanggan dan dukungan lain seperti kemudahan yang sudah di sebutkan di atas.

Marketplace sebagai pasar yang full time.

Umumnya, para pelaku bisnis membuka layanan pemasaran sekitar pukul 8.00-20.00 setiap harinya. Ini waktu yang melelahkan, mencemaskan dan mendebarkan apalagi kalau produk minim terjual sementara tenaga sudah sangat maksimal sekali. Hal ini pasti bisa bikin suasana jadi tak menentu, frustasi dan segala perasaan bisa bermain di dalamnya. Untunglah bahwa kehadiran Marketplace sudah berhasil mengambil alih yang namanya waktu dan memangkas banyak tenaga sehingga itu bisa di pergunakan oleh pelaku bisnis untuk fokus ke urusan lainnya.

Ini memang benar bahwa kehadiran marketplace memungkinkan pelaku bisnis untuk berjualan full time selama 24 jam, menerima orderan 24 jam namun asyiknya semua itu sudah di manage oleh sistem marketplace lewat fitur keranjang belanja, biaya transaksi + logistik yang sudah otomatis, alamat pembeli yang sudah tertera dan tugas pemilik produk hanya packing dan mengirim ke logistik terdekat saja.
Ini tentu sangat praktis, full time dan selalu online ketika menggunakan marketplace sebagai tempat jualannya.
Ini berlaku tidak hanya untuk pemilik produk saja, melainkan bagi pembeli-pun juga sama.. dimana tempat atau meski terbangun di tengah malam karena barusan ngimpi beli jam G-Shock, ini bisa langsung di order saat itu juga secara online tanpa harus keluar rumah atau ke toko jam yang sudah tutup.
Jadi marketplace membantu untuk memaksimalkan waktu secara full time, baik untuk pemilik produk ataupun mereka yang membutuhkan produk dengan layanan yang mudah dan pasti.

Marketplace sudah menciptakan peluang bisnis.

Dengan kehadiran marketplace, ini seperti menciptakan peluang bisnis baru seperti bisnis dropship yang memungkinkan semua orang untuk mencobanya.
Fenomena ini tentu menjadi ke-asyikan tersendiri apalagi dengan kehadiran banyak marketplace yang seolah bersaing untuk menarik banyak  member, sehingga banyak orang asyik-asyik saja untuk bergabung baik itu pemilik produk ataupun mereka yang berminat sebagai dropshiper.

Sistem dropshiper yaitu kita membeli sebuah produk pada seorang suplier di marketplace atau toko online, kemudian di jual lagi di marketplace lain atau bahkan di marketplace yang sama..! Sistem dropship sangat di minati karena tanpa memiliki produk, seseorang bisa menjadi penjual dan memperoleh keuntungan dari selisih harga yang sudah di beli di suplier tadi.
Ini tentu jadi peluang bisnis yang menjanjikan, dan cara kerjanya seperti kemasan geser produk saja.
Contoh :
Saya mau jualan sepatu merk Nike di Tokopedia, sementara kita tahu bahwa harga sepatu Nike yang di jual oleh pedagang lain di tokopedia ( pesaing ) seharga Rp 400.00,-.
Secara tidak sengaja saya berkunjung ke Bukalapak dan melihat harga sepatu Nike dengan jenis dan ukuran yang sama dibandrol Rp 350.000,-.
Lantas saya periksa detailnya mulai dari lokasi pengiriman, dukungan layanan logistik dan sistem pembayaran yang harus di ketahui. Setelah semua jelas, saya langsung ambil gambar sepatu itu dan memasangnya di kios tokopedia saya ( samakan lokasi pengiriman produk dengan lokasi yang di Bukalapak ) dan kemudian saya kasih bandrol Rp 390.00,-.
Dan ketika ada pembeli yang memesan sepatu tersebut, maka saya kembali ke bukalapak untuk cek stock , setelah barang di pastikan tersedia, kemudian saya melakukan pembelian dengan penjual di Bukalapak dan selanjutnya berkomunikasi untuk mengirimkannya ke alamat pembeli saya yang ada di tokopedia tadi.
Disini saya hanya fokus untuk menyesuaikan kesamaan asal pengiriman, kesamaan logistik untuk memudahkan tracking resi dan setelah itu kembali ke tokopedia untuk menyelesaikan orderan pembeli. Itu saja .....
Ini merupakan contoh dengan sistem dropship dimana kita seperti melakukan geser produk dari situs bukalapak ke tokopedia atau tokopedia ke shopee..dan seterusnya... yang semua itu dilakukan tanpa harus stok produk ataupun packing barang.
Dan satu hal lagi....dengan semakin banyaknya orang yang berminat dengan sistem dropship ini, berbagai software maupun plugin di ciptakan untuk menunjang bisnis dropship yang tujuannya agar pelaku dropshiper dapat menemukankan suplier dan upload otomatis ke beberapa marketplace dalam sekali click.
Ini tentu jadi penambah semangat + amunisi dalam melakukan bisnis online khususnya bagi yang tidak memiliki produk.
Dan biar mudah, berikut 2 tools yang bisa anda dapatkan baik yang gratis ataupun berbayar :
Bisnis dropship sudah di minati banyak orang dan ini dimungkinkan akan tumbuh subur karena situs marketplace semakin ramai bermunculan dan tentu saja sangat nyaman ketika di gunakan.

Demikian 3 manfaat penting atas kehadiran situs marketplace sebagai " pasar ideal " bagi pemilik ataupun pelaku bisnis dalam menemukan pemasaran yang efektif.
Semoga dengan kehadiran mereka, gairah dan inspirasi semakin bermunculan bukan hanya pada mereka yang sudah menjalankan bisnisnya tetapi juga mendorong lahirnya enterpreneur2 muda berbakat untuk meningkatkan kualitas bisnis maupun tehnologi kedepannya.
Salam dan sukses untuk kita semua.
Cari Iklan - Produk dan Promo Terbaru di Google search Khusus..!