July 2, 2018

6 Tips untuk meningkatkan performa toko online

Untuk anda pemilik toko online, pernah gak sih anda merasa toko yang anda kelola seperti lambat berkembang atau susah bersaing dengan situs ecommerce di luar sana..? Atau bisa jadi toko anda lagi mengalami sepi pembeli, traffic pengunjung turun bahkan seperti tak ada peminat sama sekali..?
Keadaan seperti ini tentu pernah di alami oleh siapa saja bahkan bukan anda yang masih baru, yang sudah besar-pun pernah merasakan kejadian serupa, dan kalau penyelesaiannya tidak segera di temukan maka kerugian waktu akan semakin terasa bagi kita.

Menemukan solusi pada permasalahan di atas memang butuh kesabaran, ketekunan apalagi kalau itu menyangkut toko yang sepi baik penjualan maupun pengunjung.
Dan mencari tahu apa penyebabnya merupakan langkah positive yang pertama..!
Tips untuk meningkatkan performa toko online
Sebetulnya, tantangan paling utama bagi pemilik toko online adalah mengkonversi seorang pengunjung agar menjadi pembeli pada produk yang anda jual.
Namun untuk membuat pengunjung membeli produk yang anda pajang di situs, ada banyak faktor seperti keberuntungan, kemudahan, keamanan,nama baik dan masih banyak lagi.
Ini seperti syarat mutlak dan kalau faktor di atas tidak terlihat di toko online anda maka bisa jadi akan berakibat pada sepinya pengunjung, gagalnya transaksi dan yang lebih parah adalah tidak berkembangnya toko online anda.
Baca juga : 2 Media paling efektive untuk bisnis online.
Nah untuk itulah maka hal teknis seperti di atas harus segera di upayakan agar toko online anda memiliki itu semua dan kalau sudah begitu maka tinggal keberuntungan-lah yang menjadi penentu atas terjadinya transaksi.

Tingkatkan performa Toko online anda.


Baiklah..Untuk menghindari hal teknis yang dapat mengurangi performa toko online kita, berikut sudah saya rangkum beberapa tips sederhana agar toko online anda tetap bisa bersaing, traffic pengunjung stabil dan kalau segi teknis nya baik,kesempatan bertransaksi-pun akan jauh lebih besar.

1. Pengunjung tidak harus bikin akun.

Ini mungkin sedikit merugikan karena kita kehilangan aset seperti data email pengguna, namun akan lebih baik kalau kita hormati pilihan pengunjung karena tidak semua pengunjung mau untuk bikin akun.

2.Toko online harus mobile friendly.

Menurut statistik, pengguna mobile/handphone terus meningkat dalam hal bertransaksi, jadi buatlah situs toko online anda ramah terhadap pengguna mobile agar tidak kehilangan traffic ataupun transaksi dari pengguna mobile.

3.Buat layanan formulir hanya untuk konfirmasi pembayaran saja.

Masalah formulir kadang menyita waktu dan itu bikin jengkel calon pembeli kita.
Contoh seperti harus mengisi nama pembeli,nama barang,nomor tlpn,alamat dll.. Sebetulnya formulir ini penting namun lamanya tanggapan yang diberikan kadang bikin pembeli tidak nyaman dan memilih mencari produk sejenis yang serupa namun cepat dalam hal kepastian bertransaksi.
Jadi kesimpulannya adalah bahwa isian seperti ini tentu bertele-tele dan itu bisa di persingkat dengan pakai WA/SMS saja jika memang pengunjung sudah "naksir" pada produk anda. Kalau bisa buatlah kolom formulir sebatas konfirmasi pembayaran saja ( untuk menegaskan pembayaran ), meski untuk meng-upload bukti pembayaran bisa pakai layanan WA.

4.Toko online anda punya alamat yang jelas.

Ini penting agar pengunjung dapat mengetahui keberadaan secara fisik lokasi anda sehingga kepercayaan dapat dengan sendirinya tercipta.

5.Keamanan bertransaksi.

Ini paling penting karena menyangkut kepercayaan dan kredibelitas bisnis anda.
Buat dan jalinlah keamanan bertransaksi seperti opsi pembayaran yang memakai sistem dompet bersama, lewat COD dan jangan pernah membohongi pembeli satu kalipun karena itu akan menghancurkan reputasi dan nama anda.

6. Sediakan ruang untuk memuat Testimony.

Testimoni dan ulasan pembeli adalah langkah yang dapat membantu anda membangun kredibilitas bisnis.
Sudah banyak situs toko online yang menyediakan ruang untuk menumpahkan ulasan tentang layanan dan produk anda.
Testimony sangat di anjurkan karena ini bisa mempengaruhi pengunjung toko anda dan itu menunjukan kepuasan para pembeli yang sudah bertransaksi bisnis dengan anda.

Itulah 6 tips agar toko online anda mempunyai performa yang baik dan jika hal tersebut sudah anda terapkan, maka masalah traffic pengunjung dan ke-enggan-an pengunjung untuk kembali ke toko online anda dapat di hindari.
Semoga tips diatas dapat bermanfaat dan salam sukses untuk anda.

0 komentar

Post a Comment

Mohon tidak menyertakan link aktif di kolom komentar. Profil komentar anda sudah jadi link yang bagus kok di mata google..Trims atas pengertiannya.