Blog gratis dari blogger

Blog gratis dari blogger

Pernahkah anda terpikirkan untuk membuat blog? atau jika ada se-seorang yang bertanya," apa sih blogger itu..?".. Biar lebih mudah untuk memahami, maka blog atau website merupakan aplikasi yang berisi data atau informasi di internet yang dapat di buka secara online oleh publik.
Trus di mana kita bisa memulai bikin blog, apa ada blog yang bersifat gratis jika kita mau belajar..?
Tentu saja ada dan lewat tulisan ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana anda memulai bikin blog yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau keperluan lain.

Cara membuat blog di blogger.com.

Dari platform blog atau website yang menyediakan layanan gratis, ada dua penyedia platform yang terkenal yaitu dari google dengan domain blogspot.com dan satu lagi dengan domain wordpress.com.
Dari kedua layanan tersebut, masing-masing punya keunggulan dan kekurangan namun anda tidak perlu khawatir karena dua platform tersebut nyaman digunakan,mudah dan tentu saja gratis-tis dalam pembuatannya.

Baiklah karena disini kita mau belajar di host google dengan platform blogspot-nya maka kita langsung saja membuat blog tersebut.

1. Hal pertama yang perlu anda lakukan membuat akun google dulu dan setelah jadi, maka anda bisa langsung menuju blogger.com untuk login.
2. Setelah login, anda akan diberi dua opsi profil untuk ditampilkan, Opsi pertama dengan menampilan profil Google+, yang kedua profil Blogger terbatas. Silahkan anda pilih salah satu dan kalau sudah silahkan ke tahap berikutnya.
3. Klik “Lanjutkan ke Blogger
4. Klik “Blog baru” untuk membuat blog baru anda.
5. Masukan judul blog, alamat blog, dan pilih tema blog, setelah itu klik “Buat blog!”
6. Blog sudah jadi namun itu masih kosong karena belum terisi oleh artikel atau data apapun. Sebagai percobaan, silahkan klik "lihat blog" dan di kolom bar browser anda akan nampak alamat blog anda dengan lengkap.

Belajar memahami menu-menu di blogger.

Setelah anda berhasil membuat blog, selanjutnya anda harus belajar memahami menu-menu yang ada karena dengan memahami, langkah selanjutnya akan semakin mudah dan lancar untuk mengelolanya.
Dan untuk mengetahui menu tersebut, kita langsung saja menuju :
  • Daftar Blog yang dimiliki.
Ini menjelaskan tentang jumlah blog anda yang anda miliki sekarang.
  • Tombol “Entri baru”.
Ini merupakan tombol untuk membuat postingan atau artikel baru ketika anda ingin memulai membuat tulisan.
  • Postingan.
Ini merupakan daftar artikel yang sudah anda tulis lengkap dengan simbol page view,label,edit,hapus dan lihat.
  • Statistik.
Menu ini untuk menampilkan statistik blog anda seperti jumlah pengunjung, jumlah tayangan laman, sumber pengunjung, dan keterangan lainnya.
Komentar.
Menu ini menampilkan semua daftar komentar yang masuk ke blog anda dan di sub menu ini anda bisa mengatur  untuk menayangkan komentar,menunda atau bahkan melarang komentar untuk tayang di blog anda.
  • Kampanye.
Menu ini khusus buat anda yang ingin mempromosi-kan blog anda dgn  Google AdWords, biasanya kalau blog untuk keperluan bisnis, menu ini sangat berguna sekali namun anda harus mengeluarkan uang agar blog anda menjadi kondang.
  • Halaman.
Menu ini untuk membuat daftar dalaman statis seperti halaman kontak,about,term of use dll.
  • Tata Letak.
Menu ini berisi puluhan widget yang bisa anda pasang untuk mempercantik blog seperti widged label, populer post, pasang kode html,follower, kotak berlangganan dll.
  • Tema (Template).
Menu ini di gunakan jika anda akan mengganti themes blog entah dari blogger atau template gratis lain yang semua itu bisa anda dapatkan secara gratis dan bisa anda modifikasi jika anda memang sudah mahir nanti.
  • Setelan.
Cara membuat blog gratis di blogger.
menu di blogger.
Menu ini untuk mengatur banyak hal seperti untuk merubah nama blog anda,mengganti alamat,mengatur waktu dan bahasa,menambahkan deskripsi blog,menambahkan pengaturan lain yang nanti bisa anda ketahui dengan baik, dan silahkan simak gambar di bawah ini.

Cara menulis artikel.

Setelah anda selesai mengenal menu di atas, kini saatnya untuk menulis artikel pertama anda. Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.
Pertama silahkan anda klik tombol “Entri baru“ dan berikutnya anda akan diarahkan ke halaman editor artikel blog, silahkan baca dan pahami keterangan dari gambar di bawah.
Cara membuat posting di blogger.
Keterangan menu di blog

Keterangan :
  1. Judul artikel
  2. Isi artikel
  3. Menu-menu untuk mengganti warna tulisan, ukuran font, upload gambar dan video, dll.
  4. Format postingan. Pilih saja Compose untuk pemula.
  5. Label postingan. Penjelasan selengkapnya.
  6. Tanggal artikel ditulis.
  7. Tautan permanen.
  8. Lokasi anda saat menulis artikel, tidak wajib diisi.
  9. Opsi lain yang bisa dipilih.
  10. Tombol untuk mempublikasikan.
  11. Tombol untuk menyimpan artikel ke Draft.
  12.  Preview postingan sebelum dipublikasikan.
Setelah paham dengan fungsi editor diatas, sekarang saatnya untuk menulis sesuai dengan minat anda.
Setelah anda selesai menulis, silahkan anda cek dan beri label sesuai selera dan setelah itu tekan tombol publish.

Dan hasilnya bisa anda lihat lewat menu "Lihat blog" yang ada di bawah judul blog anda.
Bagaimana...mudah bukan..?!
Jadi di atas merupakan jawaban jika anda ingin membuat blog gratis dengan platform blogger dan artikel ini sudah sedikit menjelaskan bagaimana cara membuat blog paling mudah untuk keperluan pribadi anda.
Silahkan di coba dan buat anda yang kesulitan dalam membuat blog, saya juga buka jasa pembuatan blog atau website pro dengan harga murah dan berkualitas.
Silahkan di coba dan sukses buat anda.