July 14, 2018

Belajar internet marketing dengan media blog

Apa itu Internet Marketing..? Internet marketing atau pemasaran internet adalah cara memasarkan barang atau jasa yang dilakukan lewat Internet. Kenapa harus lewat internet..?
Karena cara ini paling murah, efektive dan menjangkau sangat luas ( global ).


Belajar internet marketing dengan media blog.
Internet marketing
Di lihat dari namanya, Internet Marketing hanya istilah saja, ini hanya sebuah konsep yang kalau dikulit-i akan mencakup pengertian yang sangat luas karena menyangkut tentang pemasaran online.
Kalau pemasaran online sudah di jalankan, berarti akan kita kenal istilah blogging,affiliate,email marketing,konten marketing dan masih banyak yang semua itu akan bermuara pada merk atau produk bisnis yang kita jalankan.

Dan berikut kutipan dari R.L Adam di forbes yang memudahkan kita dalam memahami istilah internet marketing.
It simply boils down to a number of marketing activities that can be done online. This includes things like affiliate marketing, email marketing, social media marketing, blogging, paid marketing, search engine optimization and so on.
Untuk sekarang ini, Internet marketing menjadi sangat penting bukan hanya bagi pemilik usaha,namun bagi yang berminat menghasilkan uang lewat internet-pun dapat melakukannya tanpa terkecuali.
Jadi tujuan utama dari internet marketing adalah bagaimana suatu bisnis dapat diterima baik oleh pasar secara online, tumbuh semakin besar, dan tentu saja menghasilkan banyak profit dari pelaku bisnis itu sendiri.
Internet marketing sudah menjadi bisnis yang menjanjikan karena selain dapat menjangkau pasar yang tertarget, juga sangat efektive lewat strategi-strategi tertentu yang menjadikan bisnis itu dapat di kenali oleh masyarakat luas.

Bagi anda yang baru kenal istilah dengan Internet marketing tentu jadi hal sulit ketika ingin menggeluti internet marketing namun masih minim informasi baik tentang cara atau bagaimana memulainya.
Nah..untuk menjawab rasa penasaran anda, saya mencoba untuk memberikan jawaban lewat beberapa konten bersambung yang nantinya bisa anda simak di situs Marketing Blog ini.

Media Internet Marketing.

Sebagai langkah awal untuk menjadi internet marketing, hal pertama yang harus di pahami adalah dengan media apa kita melakukan pemasaran lewat Internet..?
Ini memang sangat mendasar namun dengan mengetahui media yang anda gunakan, ini akan jadi kunci sukses dalam menekuni profesi anda sebagai internet marketing.
Oke..saya tidak akan berteka-teki lagi karena berikut sudah saya rangkum beberapa media yang umum dan bisa anda pahami mulai dari jenis,kekurangan,kelebihan dan saran terbaik untuk memilih media yang tepat dalam memulai profesi sebagai internet marketing.

Website atau Blog.

Website atau blog menjadi salah satu media yang paling banyak di gunakan oleh Internet Marketer karena media ini paling efektive untuk melakukan profesi Internet Marketing.
Keunggulan dari pemasaran lewat website/blog karena kita bisa memasukan konten seperti artikel,gambar,video,
aplikasi dan widged untuk dijadikan strategi pemasaran kita. Ini jelas media yang lengkap namun juga ada kekurangannya.
Kekurangannya yaitu cara bikinnya yang sedikit merepotkan, harus belajar SEO biar optimal dan anda juga harus update artikel secara berkala.
Itu kekurangan yang sebetulnya tidak jadi hambatan kalau anda memang tertarik untuk menekuni Internet Marketing.

Cara membuat website atau blog untuk internet marketing.

Untuk memiliki website/blog ada 3 cara umum yang biasa di gunakan yaitu dengan:
Cara berbayar ( dengan sewa host dengan platform Worpress.org,livejournal,tumblr etc..).
Cara gratis ( pakai blogspot.com,wordpress.com etc..).
Cara menumpang ( Di situs market place,Kompasiana.com etc..).
Dari ketiga cara tersebut, anda bisa memilih yang terbaik untuk dijadikan media internet marketing dan anda juga harus paham bahwa platform dari masing-masing website tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan,cara menggunakan dan ketentuan aturan yang semua itu harus di pahami sebelum menggunakannya.

Dari ke-tiga cara di atas, dua teratas merupakan cara yang di rekomendasikan karena kita bisa leluasa dan dapat meng-custom nama domain sendiri, sementara yang terakhir anda musti mengikuti aturan yang berlaku agar ke-beradaan profile anda tidak mengalami kendala di kemudian hari.
Dilihat dari website yang anda pilih, tentu ada perbedaan yang mencolok antara jenis pemasaran, jenis bisnis dan hasil yang di peroleh.
Ini jelas karena dari ke-tiga cara tersebut dua diantaranya yaitu : cara berbayar dan gratis memiliki strategi pemasaran yang lengkap ( dengan tehnik SEO,PPC etc ) sementara untuk jenis bisnisnya bisa beraneka macam, contohnya bisa di lihat di sub judul di bawah ( keuntungan memiliki website ).

Sementara untuk cara memiliki website dengan "menumpang", anda akan terbatas dengan strategi pemasaran, sementara untuk jenis bisnisnya, anda bisa langsung memasang produk untuk di jual, menjadi dropship dan juga menjadi konten marketer.

Keuntungan memiliki website.

Kelebihan lain dengan memakai website/blog yaitu bahwa kita bisa banyak pilihan dalam menjalankan profesi Internet Marketing seperti :
  • Menjadi publisher iklan adsense.
  • Menjadi affiliate marketer.
  • Menjadi Copywriter.
  • Menjadi pemburu kontes Blog.
  • Dan masih banyak lagi kelebihan lain yang bisa di dapatkan dengan memiliki website/blog ini.
Jadi tak di ragukan lagi bahwa website merupakan media yang paling di rekomendasikan jika anda ingin memulai menjadi Internet Marketing.
Milikilah sebuah website/blog sebagai langkah awal anda untuk menjadi Internet Marketing handal.

MedSos.

Ini merupakan media ke-dua dimana anda bisa melakukan profesi internet marketing dengan menggunakan web berbasis per-teman-an dan minat.
Seperti tujuan-nya dibuat, medsos ini sangat tepat dan di rekomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat pemasaran bisnis kita.
Dengan berkumpulnya teman,sahabat,warga dan pencari teman, maka ini bisa menjadi sarana pemasaran yang ampuh karena di medsos inilah kita berkumpul,ber-interaksi dan saling menyapa secara online ataupun offline.
Sudah banyak medsos seperti Facebook, google plus, Tweeter, Instagram, Linkedin etc..yang keberadaannya sangat baik untuk di jadikan tempat pemasaran karena disitu orang sudah terumpul di satu tempat "khusus" seperti komunitas,group,kesamaan minat dan lain sebagainya.
Cara memulai Internet Marketing dengan media sosial.
My profile
 Kelebihan lain adalah bahwa kita juga dapat meng-upload video marketing ( siaran langsung) dan membuat konten, upload gambar yang bisa mendukung profesi kita sebagai Internet marketing.
Ini jelas media yang hebat sebagai tempat pemasaran suatu bisnis dan itu sudah di lakukan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia.

Satu hal yang menjadi kelemahan medsos adalah bahwa artikel yang kita buat ternyata tidak ramah SEO alias tidak menjamin bahwa itu akan muncul di kebanyak mesin pencari seperti search engine google, bing, yandex etc..
Namun meski begitu, medsos masih menjadi tempat paling favorit untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari melakukan pemasaran produk atau menjalankan bisnis yang menguntungkan.

Email.

Email menempati urutan ke-tiga sebagai media yang di gunakan untuk menjalankan profesi sebagai internet marketing.
Tidak seperti media website atau medsos, media email di gunakan sangat khusus karena ini merupakan pemasaran yang menggunakan surat elektronik dan bersifat private, special dan ter-target.
Sudah banyak yang berhasil dalam menjalankan profesi Internet marketing dengan email ini.
Namun untuk marketing pemula, ini jelas mustahil karena anda harus sudah berhasil mengumpulkan mailing list yang valid, dan untuk memperoleh daftar mail tersebut, anda harus sudah mempunyai nama baik karena orang tidak akan sembarangan dalam memberikan alamat email kepada anda.
Jadi mailing list bisa didapat salah satunya ketika orang tertarik dengan keahlian anda itu.

"Tertarik dalam hal apa ya mas..?"
Tentu saja tertarik dengan bidang yang anda kuasai lalu mereka dengan sadar mengajukan berlangganan "sesuatu" yang bisa di kirim lewat email dan di situlah anda bisa mendapatkan mailing list yang benar dan ter-target.
Biasanya untuk mendapatkan email seseorang, anda bisa mendapatkannya langsung ketika ber-interaksi di medsos, lewat feedburner di blog pribadi, dan lewat media lain yang syaratnya harus di minta langsung sebagi tanda keberminatan untuk saling berhubungan.

Jadi internet marketing dengan media email akan efektive jika mailing list sudah di bangun dan di luar dari cara di atas, maka itu tidak akan berhasil alias akan di anggap sebagai SPAM.

Media Video.

You tube sebetulnya cocok untuk di jadikan sebagai media Internet marketing asalkan anda bisa menggunakannya dengan baik dan tepat.
Membuat video dan menempatkannya di chanel anda merupakan salah satu strategi bisnis yang menjanjikan asalkan video anda benar-benar menarik dan terlihat profesional.

Mungkin anda pernah menyaksikan seorang Internet marketer yang menjelaskan tentang cara ber-bisnis/menjual produk di you tube, dan dia menerangkannya dengan begitu mantap,menjual,profesional dan menarik seperti seorang manager handal..?!
Anda bisa saksikan video berikut :

Ya memang harus seperti itu tampilan seorang internet marketing yang percaya diri dan memanfaatkan video sebagai media marketingnya.
Menggunakan video mungkin menjadi alternative berikutnya buat anda,namun dilihat dari hasil yang di peroleh(target), anda akan tercengang dengan perolehan-nya.
Iya betul..
Konon, dari media video marketing-lah yang paling banyak menghasilkan pundi-pundi uang dibandingkan dengan website/blog,medsos ataupun email marketing. Bagaimana apa anda tertarik..?

Untuk selanjutnya silahkan anda ikuti panduan membuat blog gratis di blogger untuk mulai belajar menjadi internet marketing yang handal dengan media blog.

Demikianlah media yang umum digunakan untuk memulai sebagai internet marketing. Simak terus kelanjutan artikel ini agar anda dapat belajar dan mengetahui tahapan menjadi seorang internet marketing handal.

0 komentar

Post a Comment

Mohon tidak menyertakan link aktif di kolom komentar. Profil komentar anda sudah jadi link yang bagus kok di mata google..Trims atas pengertiannya.