Panduan bisnis online bagi pemula

Internet sudah membantu kita dalam mendapatkan informasi.
Dengan mudahnya meng-akses internet, segala ke-ingin tahuan kita jadi begitu mudah,cepat dan menjangkau sampai ke pelosok-pelosok di tempat yang belum pernah kita ketahui.
Dan sekarang, tehnologi internet sudah seperti pintu masuk bagi berbagai bidang,di intregasikan dan dengan sekali klick maka informasi yang kita cari langsung terpampang di hadapan kita.
Dari semua bidang yang ter-intregasi dengan internet, aspek bisnis menjadi salah satu yang mengalami perubahan dan perkembangan yang pesat.
Ini bisa dilihat dari perilaku pe-bisnis yang tadinya memakai sistem offline, sekarang jadi sangat mudah karena memakai sistem online yang dapat di jangkau oleh siapapun termasuk lintas negara.
Panduan Bisnis Online Bagi Pemula
Memulai Bisnis online

Nah..bagi anda yang masih pemula dan ingin memasuki dunia bisnis,berikut sudah saya siapkan tahapan-tahapan awal untuk memulai bisnis online dan untuk memulainya, silahkan kenali dulu dua jenis bisnis yang akan anda pilih nanti.

Dua jenis bisnis online.

Bisnis identik dengan yang namanya produk. Jadi untuk memulai bisnis, ada dua kategori umum yang perlu di ketahui yakni menjual barang atau menjual jasa. Dan berikut deskripsi singkatnya.
  • Jual barang.
Untuk jual barang, tentu banyak pilihan dan anda pasti sudah punya produk tersebut seperti makanan,minuman,
fashion dan lain sebagainya.
Karena disini berupa barang nyata, tentu harus ada wujud fisik, dapat dilihat, dan bisa langsung di rasakan manfaatnya ketika barang itu terjual.

  • Jual jasa.
Jual jasa memiliki varian yang begitu banyak dan kabar baiknya,anda bisa menjalankan bisnis jasa sebanyak mungkin asalkan anda mampu melakukannya.
Untuk jenisnya sendiri, banyak pilihan yang bisa di pilih seperti buka jasa ekspedisi,travel (guide),ticket,rentcar,bikin produk digital,menjadi internet marketing dan masih banyak lagi.

Setelah menetapkan salah satu dari kategori diatas, berarti anda sudah maju satu langkah dan sekarang saatnya untuk menuju tahapan ke-dua yakni membahas tentang cara dan strategi bisnis itu sendiri.

Cara memulai bisnis online.

Bisnis online sebetulnya memiliki cakupan yang luas karena banyak cara yang bisa di lakukan untuk mendapatkan keuntungan dan itu sudah di lakukan oleh banyak orang seperti :
  1. Menjual produk langsung.
  2. Menjadi publisher iklan lewat sebuah blog.
  3. Menjadi internet marketing.
  4. Menjadi reseller produk.
  5. Menjual barang/jasa sistem dropship.
  6. menjadi freelancer.
  7. Menjadi pemburu kontes.
  8. Dan masih banyak lagi. ( silahkan anda tunggu pembahasannya tidak lama lagi ).
Semua itu merupakan bisnis online yang sudah umum dan sudah terbukti mendatangkan profit hingga hari ini.
Nah untuk mempermudah dan tidak melebar ke topik lain, maka setelah anda menentukan bisnis yang akan di tekuni, tahap ke-dua adalah :

Pengetahuan produk.

" mas..kalau boleh tahu, manfaat susu ini apa aja ya..?" kata seorang ibu saat mau beli produk lewat WA.
" Sebentar ya bu..nanti saya info'in selengkap mungkin, ini sy masih di jalan..." kata saya memberi alasan sambil menghubungi pemilik susu tersebut untuk mendapatkan info dari pertanyaan tadi.
Setelah mendapat jawaban seperlunya, saya lantas meminta pemilik susu untuk menjelaskan secara detail produknya supaya nanti ketika ber-interaksi dengan calon pembeli, tidak mengalami delay yang ber-akibat hilangnya waktu karena masalah pengetahuan yang minim.

Ini merupakan tahap ke-dua dimana anda harus memahami produk yang di jual.
Pengetahuan yang mendalam atas sebuah produk jelas sangat penting ketika anda memutuskan untuk memulai bisnis. Ini berlaku untuk bisnis apa saja.

Dengan mengetahui apa yang kita jual, otomatis kita juga harus mengerti nilai-nilai positive yang berkaitan dengan produk tersebut. Ini bisa berupa manfaat, kegunaan, efisiensi, dan masih banyak lagi.
Dengan memahami produk tersebut, kita juga jadi lebih profesional saat ada yang bertanya tentang produk tersebut lewat chat seperti WA, SMS atau Call.

Apakah dengan mengetahui "isi" produk tadi sudah cukup..? Tentu saja belum..!
Ini tentang internet marketing, ini menyangkut strategi dimana produk kita harus di ketahui lebih mudah, lebih dekat, lebih efisien dan dapat di ketahui oleh siapa saja baik manfaat dan cara memperolehnya.

Makanya untuk memenuhi strategi di atas, kita memerlukan sebuah media dimana itu akan membantu kita dalam menemukan pasar, menemukan target pembeli dan memudahkan kita dalam hal memberikan edukasi, pengenalan produk, dan memudahkan mereka dalam menemukan KONTAK kita. Media apa yang sangat penting itu..? silahkan menuju ke tahap yang ke-tiga.

Membuat website atau blog sebagi rumah bisnis.

Kenapa harus website..? atau bisa juga kenapa harus blog..?
Website dan blog kalau di definisikan memang sedikit beda, namun kalau dilihat dari fungsinya jelas sama yaitu sebuah aplikasi berisi catatan atau file yang bisa di akses lewat internet ketika kita mengetikan keyword tertentu di mesin telusur seperti search engine google.
Dengan membuat website atau blog maka bisnis kita seperti punya rumah, punya alamat, punya identitas dan yang terpenting dari itu, bisnis kita jadi mudah untuk di temui oleh siapapun.
Tahapan membuat blog-lah yang merupakan bagian terpenting apabila kita akan melakukan pemasaran secara online atau bahasa kerennya di sebut internet marketing.

Trus bagaimana cara kita membuat blog..?
Anda bisa mencari panduan tentang cara membuat blog di search enggine google...
Banyak kok tutorial yang menjelaskan bagaimana cara bikin blog dan itu sangat mudah..!
Biar lebih mudah, silahkan anda baca tautan berikut dimana saya sudah menulis tentang langkah demi langkah cara membuat blog gratis dengan CMS blogger.

Memiliki blog sebagai rumah bisnis, tentu harus di lengkapi dengan sedikit kecakapan tentang bagaimana tehnik membuat tulisan yang baik, memasang widged yang penting dan membuat tampilan yang enak di pandang saat blog di lihat pengunjung.
Buatlah halaman statis seperti About,Privacy,Disclaimer,Contact karen aini akan memudahkan pengunjung dalam hal mengetahui aturan, menghubungi dan memahami ketentuan lain ketika berkunjung ke blog anda.

Semua itu harus kita usahakan agar pengunjung merasa nyaman ( tidak bosan karena loading blog berat atau template tidak responsive ) dan kalau sudah begitu, maka pengunjung akan semakin terkesan dan betah ber-lama-lama untuk menjelajahi link-link yang ada tentang produk bisnis anda.
Untuk menerapkan semua itu memang butuh pengetahuan khusus dan nanti akan saya bahas di lain kesempatan seperti tehnik membuat blog yang baik,tehnik SEO dan masih banyak lagi.

Oh iya...hampir lupa...
Untuk membuat blog bisnis, kita juga harus profesional dengan tidak menggunakan domain gratisan seperti extensi blogspot, wordpres dot com, dot ga, dot tk, atau yang lainnya... CMS/Hosting boleh gratis tapi kalau domain jangan.
Sekarang ini nama domain sangat menentukan tingkat kepercayaan pengunjung blog dan itu sudah di buktikan oleh saya.
Contoh :
Pencari informasi akan tertarik membuka situs blablabla.com daripada membuka situs blablabla.blogspot.com atau blablabla.tk.
Juga akan tertarik membuka tokopedia.com dari pada membuka tokopedia.wordpress.com atau tokopedia.tk.
Nama domain sangat berpengaruh dan dari segi bisnis tentu sangat penting karena ini menyangkut kepercayaan dan tingkat keprofesionalan yang tinggi.
Gambarannya :
Masa sich menjual produk se-harga jutaan tapi masih memakai domain gratis...? Kira-kira begitu penjelasan mudahnya.
Jadi silahkan anda menyewa domain di tempat registar seperti Exabytes (dot com cuma 79.000/tahun) dan silahkan ber-kreasi dengan nama domain yang akan menjadi brand dari bisnis anda.

Membuat konten marketing.

Setelah siap dengan 3 tahapan diatas, kini saatnya untuk membuat artikel yang dalam istilah internet marketer di sebut Konten Marketing.
" Kenapa sich mas harus bikin artikel..emang harus ya.. saya kadang tidak ada waktu untuk menulis.."

Bikin artikel merupakan kegiatan penting untuk mengulas bisnis produk anda.
Ini merupakan strategi efektive dimana inti dari pemasaran online tergantung pada konten yang anda buat.
Jadi nggak ada istilah malas, nggak ada waktu atau alasan lainnya.
Artikel sangat penting keberadaannya karena itu akan membagikan manfaat,pengetahuan,pemahaman,interaksi dan masih banyak lagi. Dengan membuat konten yang "men-jual" maka pengunjung tidak hanya tahu tentang bisnis anda tetapi akan terbantu lewat pemahaman yang lebih baik.
Buatlah artikel secara konsisten 1-3 kali dalam seminggu, ini akan membuat bisnis anda terlihat aktive, ramah di mesin pencari google ( untuk artikel ) dan ter-update baik harga,produk atau hal lain yang kira-kira perlu di perbaharui.

Mengelola bisnis online itu sangat mudah,praktis dan efektive ketika semua sudah siap.
Ketika 4 tahap ini sudah dilakukan, maka bisnis online sudah siap 24 jam full..!

Bersosial.

Ini termasuk dalam kategori strategi, namun saya menuliskannya untuk yang pokok-pokok saja.
Dalam berbisnis, satu hal yang nggak boleh di lupakan adalah bersosial.
Sama seperti kita hidup bertetangga, seperti itu juga dalam hal bisnis online.
Sekarang ini media sosial sudah menjadi sarana umum yang digunakan untuk berbagai kepentingan, namun untuk memanfaatkannya, medsos juga ada aturan yang harus di ikuti.
Saran saya, buatlah profile di medsos sesuai dengan kondisi sebenarnya,buatlah sebuah group,komunitas atau bergabung dengan kelompok yang sesuai dengan minat anda.

Untuk penggunaanya,ber-medsos juga harus baik,sopan dan jangan jualan dulu...! Kalau anda bergabung di komunitas dan langsung jualan, kesannya jadi kurang bagus baik untuk nama atau bisnis anda.
Jadi sebagai pedoman, aktiflah dulu antara 1-2 minggu ( setiap hari aktive lho ya ) baik di profile sendiri atau di komunitas dan group, setelah itu ber-interaksilah dengan mereka lewat posting yang ringan, tegur-sapa dan lain sebagainya.
Ini berguna untuk membangun komunikasi dan tingkat kepercayaan yang nanti akan berguna bagi bisnis online anda.
Jadi silahkan anda manfaatkan medsos seperti Facebook, Google plus, Tweeter, Instagram, Pinterest dsb.
Buatlah sebuah komunikasi dan bangunlah sebuah kepercayaan tentang anda di media sosial.

Demikianlah Tips membangun bisnis online bagi pemula.
Untuk mengetahui beberapa bisnis online yang bisa anda pelajari, berikut bisa anda baca kelanjutannya mulai dari :
Sebuah bisnis yang baik akan semakin besar jika di imbangi dengan pengetahuan, nilai, media dan reputasi nama dari pemiliknya.
Semoga bermanfaat dan simak terus artikel selanjutnya.
Cari Iklan - Produk dan Promo Terbaru di Google search Khusus..!