7 Alasan kenapa harus membuat blog

7 Alasan kenapa harus membuat blog - Bloging, nulis di blog atau apapun namanya mungkin akan jadi kegiatan yang populer karena manfaat yang di dapat sangat banyak. Pendapat ini tentu beralasan mengingat kebutuhan informasi dan tumbuhnya pemakai internet di Indonesia semakin naik grafik-nya.
Pertanyaannya adalah apa pemakai internet selalu membuka blog ( situs kita ) ketika butuh informasi..? tentu saja tidak, itu tergantung dari kebutuhan si pengguna ketika sedang online seperti ber-medsos, ber-jualan di marketplace atau membaca media online yang semua itu sudah seperti kebutuhan sehari-hari.
Cara membuat blog di blogger.
Bikin blog
Lalu ketika semua itu sudah tersedia, apa penting-nya kita menulis di blog..? Bukankah semua informasi sudah lengkap dan tersedia..?
Untuk menjawab pertanyaan tadi, berikut manfaat yang bisa di petik ketika kita memutuskan untuk melakukan kegiatan blogging atau menulis pada sebuah blog.

1. Blogging sebagai tempat untuk menuangkan ide.

Hampir semua blogger berpendapat bahwa ide harus memiliki media sebagai tempat ber-ekspresi dan lewat blog-lah semua ide dapat di tulis, di publish dan di lihat oleh semua orang secara online.
Ujilah apa yang menjadi ide anda, tulis dan berikan kepada publik agar menjadi sesuatu yang bermanfaat.

2. Blogging sebagai tempat menunjukan identitas online kita.

Di dunia nyata, kita punya rumah, teman, tetangga, dan komunitas yang akrab lewat penampilan secara fisik. Namun itu hanya terbatas pada jarak, tempat dan penampilan fisik semata. Lewat blogging-lah kita dapat memiliki identitas yang sama secara online, punya rumah yaitu nama blog, dan yang lebih penting adalah bahwa publik dapat mengenal, menghubungi dan ber-interaksi secara online lewat blogging tadi.
Ini bisa di lakukan dengan cara membuat halaman khusus seperti halaman kontak, berinteraksi lewat komentar dan tautan berlangganan saja jika ide kita sangat menarik untuk di ikuti.

3. Blogging sebagai tempat untuk berlajar menulis.

Ini juga penting untuk di renungkan karena meski kita pinter menciptakan ide, bergaul atau ber-sosial, belum tentu kita pinter untuk menuangkan itu menjadi tulisan yang menarik untuk di baca. Menjadi sebuah anti klimaks ketika anda punya ide briliant dan ter-uji namun sangat jelek dalam penulisan dan penyampaian-nya, ini tentu jadi PR yang harus di perbaiki agar pembaca tulisan anda jadi tahu dan nyaman dengan ide tadi.
Memang gaya dan bahasa seseorang tidak sama namun menulis dengan bahasa yang baik, jelas dan runtut menjadi sesuatu yang penting agar pembaca dapat paham dan nyaman dengan apa yang kita tulis.
Belajar menulis sebenarnya mudah asal kita mau melatih tiap hari dan itu akan pinter dengan sendirinya ketika blog kita mulai mendapat banyak pengunjung yang bisa kita ketahui lewat google analytic atau respon di blog kita.

4. Bloging sebagai tempat untuk menghasilkan uang.

Lewat blogging, kita bisa mendapatkan uang tambahan atau kalau blog kita ber-traffik bagus, itu bisa bikin kita kaya lho. Ini bukan mengada-ada, tetapi sudah di buktikan oleh beberapa blogger sukses seperti PanduanIM dan daftar wawancaranya.
Dengan blog maka kesempatan dapat penghasilan online dapat di lakukan denga ratusan cara seperti :
  • Menjadi publisher iklan ( Adsense dan sejenisnya ).
  • Menjadi penulis profesional dengan menjual artikel.
  • Mengikuti kontes artikel yang semakin marak kita jumpai.
  • Menulis Copywriting.
  • Menjual produk fisik atau digital.
  • Menjadi affiliate marketing.
Tentu masih banyak cara untuk mendapatkan uang secara online dan itu bisa di lakukan lewat kegiatan blogging.

5. Blogging sebagai kegiatan untuk belajar memberi.

Memberi jauh lebih baik daripada menunggu di beri. Ungkapan tersebut mengandung makna kebenaran dan pelajaran berharga dimana sifat tersebut bisa di terapkan dalam keseharian kita.
Bisakah itu di praktekan..?  Ya bisa dong..lewat blogging-lah ide anda jadi jawaban dan manfaat.
Ini terjadi ketika ide yang di tulis menjadi jalan keluar atau pemecahan suatu problem yang lagi di alami oleh pengunjung blog kita.
Sudah banyak tulisan blogger yang menjadi inspirasi pengetahuan atau bisnis, tips atau tutorial yang sudah bermanfaat bagi banyak orang...jadi pertanyaannya adalah kapan kita mulai untuk MEMBERIKAN IDE..?

6. Blogging menjadikan kita sebagai seorang ahli.

Entahlah...ini hanya sebuah sebutan atau candaan saja, yang jelas sering kita dengar beberapa komentar yang memanggil kita sebagai mastah, master atau sebutan tinggi lainnya.
Kalau di simak secara cermat, menjadi "ahli-nya" menjadi sesuatu yang wajar karena apa yang kita tulis adalah topik yang kita kuasai.
" Kita jadi guru..atau kita se-orang ahli.." itulah kira-kira bahasa sederhana-nya dan gelar sebagai ahli bisa kita sandang
meski sebenarnya kita juga lagi belajar..! Fakta yang aneh tetapi nyata karena untuk menjadi ahli sesuatu, cukup mengajar/ menulis di blog meski sebetulnya kita sekedar fokus pada topik yang kita kuasai.
Benar juga apa kata pepatah " cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar... ".

7. Blogging untuk membangun jaringan atau lalu lintas.

Ini mungkin rada bingung untuk menjelaskannya namun satu hal yang pasti bahwa dengan kegiatan blogging, apa yang kita tulis akan membentuk sebuah jaringan yang luas mulai dari topik, komunitas, kesamaan dan lain sebagainya.
Jaringan itu akan membentuk secara global, ber-kelompok dan ter-fokus pada mesin pencari yang semua itu bisa di akses oleh siapa saja dan untuk kepentingan apa saja ( sebatas informasi ).
Dengan terbentuknya jaringan global maka siapapun dapat meng-akses blog kita, ber-interaksi dan membuat jejak lalu-lintas/digital untuk kegiatan online kita.
Apakah jaringan atau lalu lintas blog penting buat seorang blogger..? Bisa penting bisa juga tidak. Ini tergantung untuk keperluan apa topik blog anda di buat. Kalau untuk bisnis ini sangat penting ( blog ramai berarti kesempatan menjual lebih besar ) namun kalau untuk blog pribadi, ya biasa sajalah...

Masih banyak alasan yang menjawab kenapa blogging akan semakin populer dan jadi kegiatan penting di masa mendatang, namun semua itu kembali ke keputusan anda dan tentunya itu akan jadi alasan terkuat kenapa anda akan memulai kegiatan untuk mulai blogging.
Dan untuk memulainya silahkan baca artikel sebelumnya tentang cara membuat blog gratis di blogger.
Jadi bagaimana.. Apa anda akan memulainya...??
Sekian dan selamat beraktivitas kembali.

Recent