Ooo..Jadi begini cara-nya optimasi seo on page itu

Kita mungkin sudah mengetahui apa itu Seo. Tehnik seo terbagi menjadi dua yaitu seo onpage dan seo offpage. Dua tehnik seo ini sangat penting untuk di terapkan jika anda punya website khususnya situs yang ber-orientasi pada bisnis.
Seperti kita tahu bahwa traffic yang paling bagus merupakan traffic yang berasal dari search engine seperti google, bing, yahoo, yandex, uc browser dll.
Itulah yang di namakan traffic organic atau yang kalau di istilahkan lebih simple lagi maka traffic ini di sebut traffic istimewa karena sesuai dengan apa yang di cari pengunjung.
cara optimasi seo onpage
Cara seo onpage di google
Terus bagaimana bisa traffic organik itu dapat kita kuasai dengan baik dan diterapkan di situs kita..? Ya itu tadi..salah satunya adalah dengan menggunakan tehnik seo onpage.
Jadi bagi anda yang ingin menerapkan tehnik seo onpage di website atau blog kalian, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Menyesuaikan alamat url dengan tepat.

Buat judul yang menarik dan sesuaikan custom url kira-kira 3-5 kata.
Ini tentang membuat judul artikel di mana judul artikel akan menjadi alamat url tulisan anda.
Menurut pakar seo, alamat url yang pendek lebih di sukai mesin perayap dan punya nilai lebih.
Jadi meski anda bikin judul artikel dengan kalimat yang panjang, anda bisa menyesuaikan alamat url-nya jadi lebih pendek kira-kira 3-5 kata saja dan itu cukup mengandung kata kunci dan topik dari artikel yang anda tulis tadi.

Optimalkan gambar.

Menulis artikel tanpa menyertakan gambar mungkin jadi terlihat membosankan karena seperti monoton dan tidak memberikan gambaran apa2 tentang apa yang sedang anda tuliskan.
Salah satu upaya agar artikel kita terlihat menarik adalah dengan cara menyisipkan gambar sebagus mungkin karena gambar bisa jadi merupakan daya tarik tersendiri bagi pembaca anda.
Nah untuk anda yang sering menyisipkan gambar di artikel anda, jangan lupa untuk meng-compress gambar tadi agar ukuran kb-nya jadi kecil dan jangan lupa isikan judul kata kunci yg sesuai lalu buat diskripsi alt yang informatif sehingga mesin telusur dapat dengan baik meng-index gambar di artikel anda.

Manfaatkan menu meta deskripsi.

Menu meta deskripsi membantu mendapatkan hasil yang lebih baik di search engine karena menyertakan kata kunci terfokus untuk konten anda. Meta diskripsi biasanya muncul di bawah judul hasil pencarian dan ini akan memudahkan pengunjung untuk membaca singkat tentang artikel anda.
Untuk deskripsi sendiri, google memberi saran antara 160-170 karakter dalam membuatnya.
Jadi secara intrinsik, meta deskripsi memang singkat, berisi kata kunci, informatif dan terkait dengan artikel yang anda tulis.

Menggunakan kata kunci yang padat.

Untuk dapat rangking bagus di search engine, pendiri Plugin Yoast memberi saran untuk menggunakan kata kunci di 100-150 kalimat paragraf pertama, ini di maksudkan agar perayap google memahami maksud halama anda. Sementara untuk keseluruhan kata kunci, usahakan antara 2-3 % dan itu sudah mewakili keseluruhan dari artikel anda.
Kenapa kita tidak boleh memasukan kata kunci berlebihan di artikel kita..? tak lain karena itu bisa berakibat buruk di mata search engine.
Trus seandainya kita mau memaksakan penggunaan kata kunci yang banyak apa tidak boleh..? tentu saja bisa namun ini harus di imbangi dengan panjangnya artikel dan pembahasan yang detail agar pengunjung merasa betah, suka dan tidak merasa bosan dalam membaca artikel anda. Inilah yang dinamakan artikel unik karena pembaca suka dan dengan begitu mesin perayap-pun akan suka banget menempatkan artikel anda di posisi pertama pada hasil pencarian.

Bangun interaksi dengan pengunjung dan ber-bagilah.

Ketika artikel sudah dipublish, hal penting berikutnya adalah dengan menyediakan waktu untuk berinteraksi baik dengan membalas komentar di situs atau-pun dengan men-share artikel tadi ke berbagai media sosial.
Ini penting di lakukan karena ketika ada pengunjung website memberikan komentar, akan jadi sesuatu yang " istimewa " ketika pengunjung merasa di hargai karena mendapat balasan yang sangat cepat dari anda. Inilah yang dinamakan sangat responsive dan semua orang suka dengan respon positive.
Nah setelah baik dalam ber-interaksi, akan lebih bagus lagi kalau artikel anda di -share agar informasi yang bermanfaat dapat di ketahui oleh banyak.
Ini harus dilakukan kepada temen2 yang tepat ( jangan asal share ) karena di tangan yang tepatlah sebuah informasi dapat berguna dan ketika temen2 ikut men-share artikel kita, maka itu akan jadi nilai lebih di mata search engine.

Nah apakah anda tertarik dengan tehnik seo onpage ini...?
Silahkan dengan memulai dengan cara membuat blog gratis di blogger untuk mem-praktekan-nya. Salam hangat dan sukses untuk anda.

Recent