March 17, 2019

Cara terbaru mendaftar google news untuk mendapatkan traffic berlimpah

Cara terbaru mendaftar google news untuk mendapatkan traffic berlimpah - Setelah kemarin pembaca di suguhi 2 artikel yang membahas tentang cara mendaftar google bisnisku, sekarang saya kembali untuk membahas produk google lainnya yaitu google news yakni salah satu fitur gratis dari google yang keberadaannya dapat di manfaatkan sebagai sumber traffic organik namun tentu saja kalau website/blog kita di terima dan memenuhi syarat.
Dengan keberadaan blog kita sejajar dengan  situs-situs besar seperti mashabel, kompas,detik,kumparan atau situs portal berita lainnya, maka keuntungan-pun dapat kita nikmati apalagi kalau blog kita ber-patner dengan pihak peng-iklan seperti adsense atau jenis advertiser lainnya.
Cara terbaru mendaftar google news untuk mendapatkan traffic berlimpah
Situs berita di google news
Pertanyaannya adalah, Apa bisa website/blog kita sejajar dengan situs-situs besar tersebut? Ya bisa saja asalkan blog kita memenuhi syarat sebagai blog yang selalu update dan memberikan konten berkualitas bagi pencari informasi di google.
Mari kita mulai dengan cara mendaftar di google news untuk ber-kesempatan memperoleh traffic yang bersuber dari organik traffic.

Melihat kesamaan seo gratis antara google news dan google bisnisku.

Satu tujuan tapi beda jalan..kira2 begitu kalau boleh saya katakan antara google bisnisku dan google news.
Apa yang satu tujuan dan apa pula yang beda jalan..? berikut penjelasannya.
Google news dan google bisnisku merupakan fasilitas seo gratis google di mana pemilik web atau blog dapat merasakan posisi terbaik karena situs kita ada di halam pertama ataupun jadi arikel pilihan rekomendasi google. Jadi, dua fitur google ini memang sangat efektif jika di lihat dari segi seo (dan gratis) karena posisi situs kita yang mudah terlihat sehingga kesempatan di kunjungi-pun jadi besar.
Untuk mendapatkan dua fitur ini, cara dan tujuannya juga berbeda dimana google bisnisku di tujukan untuk pemilik bisnis, sementara google news di peruntukan bagi pemilik web/blog yang postingnya bersifat informatif, unik dan update terus layaknya situs berita.

Cara mendaftar ke google news.

Buat pembaca yang ingin blognya berada di daftar google news, berikut sudah saya rangkum persiapan teknis sebelum mendaftar :

1. Siapkan situs web berita khusus.

Ini syarat mutlak dan untuk artikelnya, usahakan hanya membahas 1 topik atau khusus satu niche saja.
Terus apa bisa kalau artikelnya ada yang melenceng sedikit meski hanya beberapa artikel saja? Untuk sekarang ini kayaknya bakal sulit karena google menginginkan topik yang khusus, spesial makanya usahakan satu topik saja biar jadi priroritas.

2. Gunakan domain tld dan umur blog minimal 6 bulan.

Ini juga syarat mutlak karena situs berita/news akan sangat "menggelikan" jika menggunakan domain gratisan...dan umur blog pastikan sudah berumur 6 bulan dengan jumlah artikel minimal di atas 150.

3. Memiliki URL statis dan mudah dirayapi.

Google ingin agar setiap artikel dan halaman memiliki URL statis dan hindari url pengalihan yang bikin google "repot" bekerja seperti merayapi url yang jauh, link rusak ataupun url yang bisa berubah karena berbagai hal.

4. Gunakan tampilan template yang bersih.

Menggunakan template yang bersih juga membantu blog kalian untuk di approve oleh tim peninjau manual.
Kenapa google menginginkan tampilan yang bersih?
Seperti kita tahu bahwa google meng-index situs dalam dua tahap yaitu : berdasarkan sumber html murni dan perenderan halaman secara lengkap termasuk javascript dan seterusnya.
Dan untuk google news, nampaknya robot google lebih memilih sumber html murni daripada web yang di jejali dgn java script karena bikin lambat. Jadi disinilah peran kecepatan blog bener2 di pertaruhkan.
Jadi, hindari penggunaan foto galery, video ataupun widget artikel terkait di blog karena itu akan bikin kacau kinerja google news.

5. Buat peta situs xml berita sebelum mendaftar.

Ini sebenarnya hanya ungkapan saya aja karena dari peta situs, google dapat mengetahui berapa banyak artikel yang sudah di publish dalam 48 jam terakhir. Jadi, semakin banyak artikel atau semakin intens dalam mem-publish, semakin cepat pula google news meng-index untuk menempatkannya ke dalam hasil telusur pencarian.

6. Buat tim penulis untuk update post.

Ini hanya saran saja karena mengelola blog news tidak bisa sendiri dan mau - nggakmau harus punya tim.
Kalau nggak punya tim, ya repotlah..karena sehari 8-10 artikel akan menyita banyak waktu apalagi kalau anda masih aktive kerja di kantor atau ngurus pekerjaan rumah.
Jadi solusinya adalah undang temen2 yang se-ide dan se-topik, kemudian undang sebagai penulis.

Daftar ke google news.

Setelah persiapan teknis sudah matang, langkah selanjutnya langsung aja menuju Patnerdas.google.com untuk mendaftar.

1. Saat halaman patnerdas terbuka maka akan muncul tampilan blog yang sudah di verifikasi google search console.
Silahkan pilih salah satu blog yang akan di jadikan blog berita dan click Request inclusion in News Index.
Cara mendapatkan organic traffic berlimpah di blog.
Daftar ke google news
2. Lalu akan muncul tab baru dan silahkan di isi kolom general informasi blog pembaca selengkap mungkin.
  1. Site information.
  2. Source URL.
  3. Source Name.
  4. Site Language.
  5. City.
  6. State/Province.
  7. Region.
  8. Categories :
  9. Opinion content.
  10. Press Release.
  11. Free registration.
  12. User Generated.
  13. Content Satire.
  14. Paid subscription.
  15. Blog.
  16. News sections information.

Cara terbaru mendaftar google news untuk mendapatkan traffic berlimpah
Setelah semua informasi di isi selanjutnya click tombol submit sebagai tanda mendaftar.
3. Selanjutnya pembaca akan di suguhi tampilan dasboard seperti pada gambar di bawah ini, 
Cara terbaru mendaftar google news untuk mendapatkan traffic berlimpah
dan sekarang tinggal menunggu tim google yang akan menilai kelayakan blog anda untuk tampil di hasil google news.
Biasanya masa review itu 30 hari, namun dalam beberapa kasus, google memberikan jawaban lebih cepat dari masa normal tersebut.
Dan biar blog anda di aprove oleh google, silahkan menulis artikel seperti biasa dan intensifkan dengan jadwal yang tetap bersama tim.
Ketika blog anda disetujui, maka yang namanya tehnik seo atau google ads kayaknya sudah tidak di butuhkan lagi karena secara otomatis, blog anda akan berkesempatan dapat traffic tinggi dari pengunjung.
Bagaimana apa anda berminat untuk mendaftar di google news..? Silahkan mencoba dan moga sukses.

0 komentar

Post a Comment

Mohon tidak menyertakan link aktif di kolom komentar. Profil komentar anda sudah jadi link yang bagus kok di mata google..Trims atas pengertiannya.