Mengenal algoritma google dan tools untuk mengetahui perubahannya

Mengenal algoritma google dan tools untuk mengetahui perubahannya

Bagi para webmaster khususnya mereka yang ber-kompetisi dalam internet marketing, perubahan algoritma google menjadi kabar yang sering di cermati apalagi kalau perubahan tersebut menyangkut tentang pembaharuan algoritma inti seperti penguin atau panda.
Perubahan atau pembaharuan algoritma, sudah menjadi kegiatan rutin google karena dengan pembaharuan tersebut, sebuah situs atau web jadi ter-update baik dari segi SERP, ranking ataupun kualitas yang semua itu dapat berguna bagi penggunanya.
Nah..bagi pembaca khususnya mereka yang masih pemula dan ingin tahu pembahasan algoritma secara jelas, berikut sedikit ulasan dari saya dan semoga dapat membantu pembaca untuk memahaminya.

Pentingnya pembaharuan algoritma bagi pengguna google.

Seperti kita tahu bahwa tiap tahun google mengubah algoritma pencariannya sekitar 500-600 kali dan meski pembaharuan ini bersifat kecil, namun sesekali google melakukan pembaharuan utama seperti algoritma panda, penguin dan itu membawa dampak yang signifikan pada hasil telusur ataupun peringkat SERP untuk setiap situs.
Mengenal algoritma google.
Tiap milidetik google terus bekerja dan ketika google menemukan konten ber-kualitas tinggi atau rendah, update algoritma di butuhkan untuk menentukan konten mana yang akan di tempatkan di posisi pertama (menentukan peringkat) dan konten mana yang akan di hapus dari SERP karena ber-kualitas buruk.
Jadi tujuan google melakukan pembaharuan tak lain agar hasil pencarian semakin ber-kualitas, lalu-lintas organik semakin akurat dan itu jadi alasan kuat bagi google untuk meningkatkan jumlah penggunanya.

Mengenal cara kerja mesin telusur dan algoritma google.

Sebelum mengetahui apa itu pembaharuan algoritma, mau-tidak mau kita memang harus mengetahui cara kerja sebuah mesin telusur karena dari situlah kita dapat mengetahui "kerja dan analisis algoritma" dalam memberikan hasil yang relevan kepada kita.
Dulu waktu google masih baru dan terbatas dalam tehnologi,
Sistem algoritma masih sangat minim dan sering tidak akurat dalam menampilkan hasil penelusuran.
Namun itu dulu..beda dengan sekarang dimana sistem analisis dan algoritma semakin berkualitas-akurat dan berikut sistem kerja google ketika mengembalikan informasi yang di minta pengguna.

Menganalisa kata-kata.
Ketika pembaca menuliskan string kata, google lantas menganalisis arti kata tersebut kemudian mengurai ke dalam index mereka.

Mencocokan pencarian.
Selanjutnya, google mencari halaman web sesuai permintaan anda. Pada alur ini, google mencari dan menganalis kata2 yang relevan sampai paling dasar. Mulai dari kata yang sering muncul, menjelajah judul, isi sub judul hingga apapun yang mereka anggap paling sesuai dengan string kata yang di minta.

Beri peringkat halaman yang bermanfaat.
Untuk kueri tipikal (topik), ada jutaan halaman web dengan informasi yang relevan dan kesamaan.
Disinilah google mengevaluasi situs tersebut, menentukan dari berbagai faktor dari segi kualitas, kesegaran sebuah konten, pengalaman pengguna, otoritas sebuah tautan dan akhirnya...hanya yang berkualitas-lah yang masuk dalam hitungan SERP hasil telusur.

Mempertimbangkan konteks.
Algoritma google menganalisis kata-kata yang di inginkan oleh penggunanya lewat berbagai metode seperti lokasi, riwayat, pengaturan hasil dst.
Dengan sistem yang me-mampu-kan seperti itu, google dapat memberikan hasil yang relevan pada kolom hasil karena sistem mereka sudah merekam apa yang sudah jadi minat, kebiasaan, tahu lokasi dan lain sebagainya dari si pencari informasi.
Ini bukan pedoman mutlak, namun sistem analisis ini jadi salah algoritma mereka.

Mengembalikan hasil terbaik.
Akhirnya setelah melewati serangkaian evaluasi, maka hasil yang relevanpun muncul di hasil telusur.
Itulah hasil yang di berikan google kepada pengguna dan setahu saya, kualitas hasil pencarian google semakin relevan dan berkualitas saja.
Sumber : howsearchworks

Mengenal nama pembaharuan algoritma google.

Dalam perkembangannya google sudah memperkenalkan sistem algoritma yang masing-masing sistem berfungsi untuk meningkatkan hasil terbaik bagi kita semua. Dan berikut beberapa nama algoritma yang sudah familiar kita dengar.
Mengenal algoritma google penguin dan panda.

Google Panda.

Google Panda adalah perubahan pada algoritma hasil pencarian yang dirilis pada bulan Februari 2011. Perubahan ini bertujuan untuk menurunkan peringkat situs2 yang berkualitas rendah, situs dengan konten "sampah", situs AGC, tampilan pengalaman pengguna yang jelek, mendeteks kata kunci yang berlebih atau tautan link jangkar yang berlebihan dan ber-kualitas rendah.
Sebaliknya, akibat pembaharuan ini maka situs2 dengan konten bagus, bermanfaat dan kaya informasi kembali memeperoleh kedudukannya di halaman satu google.

Google Penguin.

Pada April 2012, google kembali melakukan pembaharuan yang di kenal dengan nama google penguin. Pembaharuan ini berbeda dengan sebelumnya dimana google seperti mem-posisikan diri sebagai penguin dan dengan indra penciumannya yang tajam, google menurunkan peringkat situs bahkan memberikan sangsi kepada mereka yang terindikasi sebagai situs spam, membeli tautan yang tidak wajar, rasio pentalan (bouncing) tinggi, duplikat konten, tautan internal yang agresif baik dari tautan direktori ataupun pemasaran konten yang ber-kualitas rendah.
Itulah pembaharuan algoritma penguin yang tujuannya memang untuk memberikan rambu-rambu dan memberikan pedoman webmaster bagi pemilik situs.

Mobile geddon.

Ini merupakan sistem baru dimana situs dengan fitur responsive akan mendapatkan prioritas lebih oleh google.
Mobilegeddon diluncurkan karena google menilai adanya peningkatan penggunaan internet melalui peranti mobile.
Jadi, ketika sesorang dengan perangkat mobile (hape) mencari informasi lewat google, maka website dengan tampilan responsive yang akan "diutamakan" kemunculannya di hasil telusur tersebut.
Cara agar tidak terkena dampak mobile geddon adalah dengan memaksimalkan design web untuk perangkat mobile.

Hummingbird.

Ini merupakan algoritma google untuk platform Search Engine yang berarti "tepat dan cepat".
Tidak banyak ulasan yang dapat saya ceritakan kepada pembaca tentang algoritma ini karena keterbatasan informasi yang saya peroleh.

Google RankBrain.

RankBrain adalah algoritma pembelajaran mesin (AI) yang digunakan untuk mengurutkan hasil pencarian. Ini juga salah satu algoritma google yang patut di baca ulasannya, karena bagaimana sebuah analisis dan cara google menentukan urutan-urutan sebuah situs, mungkin pembaca akan tertarik untuk me-nyimaknya.

Sebetulnya masih ada nama pembaharuan yang belum saya tulis di sini, namun keterbatasan informasi-lah yang akhirnya menunda pembahasan google algoritma secara lengkap.
Jadi tentang pembahasan algoritma memang masih bersambung dan bagi pembaca yang tertarik untuk melanjutkan pembahasannya, ya silahkan menunggu dengan sabar..

Tools untuk cek dampak pembaharuan algoritma google.

Menutup artikel ini, jadi kurang "elok" kalau belum mencantumkan
tools yang membantu pemilik situs dalam menge-cek dampak/perubahan yang di timbulkan akibat pembaharuan google itu.
melihat fitur enhanced-google-analytics untuk melihat dampak algoritma google.
Untuk menge-cek-nya, silahkan mencoba layanan tools gratis berikut :
  1. Barracuda.digital
  2. feinternational.com atau
  3. enhanced-google-analytics
Jika memang terkena dampaknya, silahkan di perbaiki, di sesuaikan dan silahkan ikuti pedoman webmaster agar terhindar dari update algoritma berikutnya.
Demikian pembahasan tentang pengenalan algoritma google dan bagi anda yang ingin tahu cara untuk meningkatkan organik traffik dengan berlimpah, silahkan di baca di artikel sebelumnya.
Moga bermanfaat dan sukses untuk blog kalian.