May 20, 2019

Revolusi industri 4.0: Tantangan buat emak

Revolusi industri 4.0, kalimat itu mungkin sudah tak asing bagi telinga kita. Ini memang benar dan meski istilah itu bak iklan yang ber-sliweran, mondar-mandir di depan kita, namun fakta-nya banyak di antara kita yang gagal fokus..alih-alih untuk mempelajari, lha wong sekarang energi kita lg tersedot ke politik yang tiap tahun selalu "rumab"(mendidih) tak kunjung henti.

Ayo mak..mari jangan urusi politik saja, masih banyak urusan rumah, urusan anak, urusan belanja dan kegiatan lain yang bisa emak lakukan. Mari mak, saatnya sudahi, saatnya emak kembali ke kitah sebagai emak penjaga kemakmuran rumah, kini saatnya emak memahami tentang perubahan yang sedang terjadi di dunia industri, iya betul...revolusi industri 4.0 yang keberadaannya sudah nampak di depan kita.
Anak-anak emak gbr by unsplash.com
Jadi begini mak..
Sekarang ini, industri global lagi mengalamai masa perubahan yaitu lagi melakukan transisi dari industri 3.0 ke industri 4.0. Kenapa masa transisi begitu penting..? Ini tak lain agar emak ikut memahami dan selanjutnya dapat men-jabarkan pada anak-anak agar mereka jadi penerus dalam menentukan kekuatan ekonomi bangsa (syukur-syukur bisa menggeser peta ekonomi Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia).

Sejarah sudah mengajari kita mak..sudah 3 kali revolusi industri dan sekarang, untuk industri yang ke-4, saya yakin emak bisa "mengolah-nya" jadi menu yang pas, yang nikmat dan yang bikin anak-anak lahap dalam menikmatinya.

Sekedar melihat ke belakang..
Saat Revolusi industri 1.0 (1760-an), Inggris menjadi negara yang paling di segani karena mereka begitu adidaya dalam penguasaan sektor industri. Mereka sangat pede menggerakan industri dengan mesin uap-nya dan sejarah mencatat bahwa Inggris jadi pelopor bagi negara2 eropa lain hingga akhirnya  benua biru tersebut jadi yang terdepan dalam hal pemasok barang-barang kebutuhan dunia.

Lanjut ke Revolusi industri 2.0 ya mak (tahun 1890-an)..
Revolusi ini di tandai lewat pemanfaatan energi listrik sebagai motor product lines secara massal. Dan tahu nggak mak, Amerika yang saat itu masih kalah dalam hal industri malah berubah memimpin tehnologi lewat inovasi tenaga listrik-motor hingga akhirnya memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dan lain-lain. Dari sinilah Amerika mulai menguasai tonggak sosial-politik dunia.

Pada Revolusi Industri 3.0 (1970-an) era komputer menjadikan 4 negara asia yaitu Jepang, Korea, Taiwan dan Hong Kong lahir menjadi negara industri baru yang notabene sumber alam-nya kalah jauh dengan Indonesia. Lihat mak, dengan tehnologi yang mereka pelajari, akhirnya mereka mampu bersaing dengan negara-negara barat!.

Dan akhirnya Revolusi industri 4.0 ada di hadapan kita... Artinya apa? Setiap revolusi industri selalu melahirkan momentum untuk mengubah nasib suatu bangsa. Ini juga berarti bahwa siapa yang baik dalam memahami perubahan, maka arah sosial-ekonomi-politik dunia akan berpihak pada kita.
Bangsa kita mak yang akhirnya jadi rujukan-nya, jadi panutan-nya...hebat kan mak?!

Jadi maksudnya bagaimana?
Betul mak..Saatnya emak berikan energi "lebih" pada revolusi industri ini, implementasikan itu lewat racikan yang mudah di cerna, ber-gizi dan me-nyehatkan untuk kita.
Lihat India dan China mak, mereka sudah start duluan..mereka sudah me-revolusi industri untuk kemajuan bangsa-nya..masa emak mau tertinggal jauh..?!

Jadi begini ya mak, saya yakin emak mampu mengajari kita dalam memahami apa itu revolusi industri 4.0, sekaligus tahu langkah pertama apa yang harus di ambil anak-anak dalam memulainya.
Betul mak..itu hanya soal racikan pemahaman internet of things, artificial intelligence, blockhain sampai big data, itu bisa emak kuasai kok.
Dan akhirnya :
Revolusi Industri sudah melambaikan tangan padamu mak..
Sudah minta di belai..
Dan dia,
Seperti masa depan yang akan merubah anak-anak emak di masa datang.

Bekasi, 20 mei 2019..(Kangen buat bunda yg di pondok cabe).

0 komentar

Post a Comment

Mohon tidak menyertakan link aktif di kolom komentar. Profil komentar anda sudah jadi link yang bagus kok di mata google..Trims atas pengertiannya.