alfamart dan indomaret: contoh bisnis sehat

Kenapa alfamart dan indomaret seperti pinang di belah dua? saya jadi teringat pepatah itu ketika melihat dua toko ritel beda owner nampak begitu akur meski sebenarnya bersaing ketat. Mungkin diantara pembaca bisa kasih tahu alasan dari keberadaan mereka yang selalu berdekatan? atau barangkali pemilik dari dua ritel tersebut memang sudah jadi teman karib sejak kecil..?
Melihat betapa dekatnya gerai mereka bahkan kalau boleh saya pastikan,itu hampir ada di seluruh wilayah negeri membuat saya ingin tahu apa rahasia kedekatan mereka..? Apa bisa dikatakan efektif ketika dua toko dengan hampir produk yang sama namun dua-duanya seperti tidak ada persaingan bahkan kalau boleh di bilang keduanya terus berkembang,..berkembang,..berduaan,..berduaan,..dan keduanya terus berkembang.
Melihat lebih kedalam dari dua toko ritel ini,ternyata mereka lain management,beda owner dan melihat keberhasilan keduanya sebenarnya ini bisa jadi contoh bagi pelaku bisnis agar rasa takut dengan pesaing,rasa bermusuhan dengan pesaing dapat di hilangkan karena ternyata itu ngga ada manfaatnya bahkan bisa merugikan diri sendiri..Jadi sekarang,lupakan aja rasa disaingi atau takut tidak berkembang bisnisnya karena di tengah kita sebenarnya sudah ada contoh yang baik dimana persaingan yang sehat akan membawa kemajuan dan sukses seperti alfamart dan indomaret.
alfamart dan indomaret: contoh bisnis sehat

Baca juga: Cara hemat data di whatsapp.
Apa yang membuat alfamart dan indomaret berkembang bersama meski tokonya saling berhadapan? Ternyata jawabannya sederhana yakni mereka hadir di tengah-tengah kebutuhan masyarakat,market mereka sudah terbentuk dan mereka pandai ber-inovasi bisnis,menjaga kualitas,memaksimalkan layanan dan menjaga persaingan harga untuk menarik pelanggan setia.
Itulah yang menjadi kunci sukses dan uniknya,hampir semua toko ritel dari dua brands tersebut pelayanan-nya hampir sama yakni mulai dari tokonya yang nyaman (dingin ber-ac),produknya yang hampir sama,pelayannya yg masih muda dan ramah,di tambah pula jam bukanya yang 24 jam di beberapa lokasi ramai.
Dua toko ritel ini kayaknya seperti ditakdirkan untuk salang berdekatan.
Baca juga: Cara memilih hosting terbaik.
Memang begitulah bisnis yang sehat...siapa yang bisa menyediakan kebutuhan,pandai berinovasi dan menjaga layanan,disitulah akan ada kesuksesan meski di depan sudah ada yang menjual produk sama percis dengan kita. Akhirnya saya mau bertanya di akhir artikel ini,"apa masih takut dengan pesaing??.."

Post a Comment

Berkomentar-lah sesuai topik..

Lebih baru Lebih lama