Cara memilih hosting terbaik

Hosting dan domain tentu sangat dibutuhkan ketika sesorang ingin membangun website dan untuk memiliki layanan tersebut,sesorang bisa mendapatkannya baik secara gratis ataupun berbayar. Seiring dengan kebutuhan website yang semakin meningkat tajam,layanan penyedia hosting di tanah air juga semakin tumbuh,hal ini tentu sangat menggembirakan karena dari segi konsumen,banyak layanan berarti banyak pilihan dan semakin banyak pilihan berarti harga hosting jadi semakin bersaing.
Cara memilih hosting terbaik
Penyedia hosting di Indonesia rata-rata kualitasnya sudah bagus, ini kalau dilihat dari promo dan iklan yang mereka tawarkan kepada kita. Namun meski begitu,bertindak teliti dan cermat sebelum menggunakan jasa mereka adalah hal yang sangat di anjurkan. Ini bisa berarti memilih yang terbaik di antara yang paling baik,karena kalau boleh saya jujur,semua penyedia layanan hosting kualitasnya hampir sama,ada perbedaan dikit dan itu beda-beda tipis.
Trus kalau kualitasnya hampir sama,apa dong yang membedakan layanan satu dengan yang lain..? Disinilah kejelian dan ketelitian anda yang menetukan. Jeli dalam melihat testimoni,komentar,pendapat dan akhirnya,anda jadi tahu mana yang membedakan layanan satu dengan penyedia layanan lainnya.
Baca juga: Jasa pasang iklan di Blog.

Tips yang wajib dibaca sebelum memilih hosting

Artikel ini sebenarnya sudah saya publis tahun lalu namun biar anda tetep ingat dan sedikit ada update maka saya perbaharui untuk memperkaya pengetahuan saja.

1. Waktu aktif yang handal.
Mungkin kita pernah mendengar istilah server lagi down atau istilah "halus-nya" lagi dalam pemeliharaan. Ini merupakan kendala umum yang biasa di alami dan asyiknya,alasan ini KOMPAK di gunakan oleh seluruh penyedia hosting di seluruh dunia.
Kompak dalam istilah pemeliharaan tapi keinginan pengguna hosting adalah websitenya tetap ONLINE sepanjang waktu,nggak ada kegagalan server sehingga website tidak offline terus2an.
Server down itu wajar dan pengguna juga maklumlah tapi mbok ya-oo...jangan keseringan. Kira-kira begitu kemauan pengguna.
satu-satunya cara untuk mengetahui penyedia hosting sering down adalah dengan menanyakan langsung atau membaca testimoni yang biasanya sudah ada di website mereka.
Kendala seperti ini bisa diantisipasi dengan cara menanyakan langsung ke-handalan uptime mereka. Untuk standart waktu uptime sich jangan kurang dari 99.5%.

2. Batas bandwidth.
Bandwidth mengacu pada jumlah data yang dikirim dari server ke browser pengunjung. Jadi sebelum membeli paket hosting, sebaiknya ceritakan dulu gambaran dan untuk kebutuhan apa hosting itu akan digunakan.
Kenapa harus konsultasi dulu..? Gambarannya kira2 seperti di bawah ini :
Setiap kali pengunjung memuat halaman di website anda(baik lewat PC atau telepon )otomatis bandwidth akan naik. Jika anda berencana memiliki konten kelas berat seperti penyedia layanan video,musik,gambar dll,volume paket bandwidth anda juga harus sesuai.
Kebanyakan penyedia hosting menyediakan beberapa paket dengan harga yang berbeda. Semakin murah harganya,berarti limitnya juga semakin dikit. Jadi akan lebih baik kalau sebelum menggunakan paket hosting,lebih bijak jika menyesuaikan dengan penggunaan websitenya nanti. Jangan samapai ketika pengunjung website suatu hari melonjak drastis,ini akan melampau bandwidth dan tentu saja website anda akan mendadak offline beberapa saat. Maka dari itu,berkonsultasi sebelum membeli paket hosting merupakan hal penting sebagai antisipasi untuk mencegah penggunaan bandwidth yang berlebihan.
Cara memilih hosting terbaik

3. Alokasi ruang disk.
Hal selanjutnya yang perlu di perhatikan adalah tentang alokasi ruang disk untuk website anda.
Ini sebetulnya bentuk ke-efisien-an saja karena jika anda memiliki bisnis kecil anda tidak memerlukan ruang disk yang besar. Namun, jika anda memiliki perusahaan besar dengan menjalankan aplikasi dan data banyak,tentu butuh ruang disk yang besar pula. Jadi maksud saya,sesuaikan kebutuhan ruang disk agar kebutuhan dan biaya jadi pas.

4. Layanan teknis yang cepat.
Saat mengelola situs, masalah teknis akan muncul di sana-sini, dan dalam banyak kasus, pemilik situs kadang tidak tahu cara menyelesaikan-nya. Untuk alasan ini, anda harus memilih layanan hosting yang dapat memberikan dukungan teknis 24/7. Hal ini penting mengingat website itu standar-nya ONLINE 24/7 dalam se-minggu. Jangan sampai ketika suatu saat website kita bermasalah,dan apesnya itu terjadi pada malam sabtu..ketika di coba meminta suport pada penyedia hosting,customernya menjawab di suruh nunggu sampai hari senin karena hari sabtu dan minggu libur. Hal ini patut diantisipasi dan sebaiknya memilih hosting itu yang suport 24/7 agar website kita nyaman.

5. Layanan email.
Sebelum membeli layanan hosting-domain, menanyakan layanan email juga tak kalah pentingnya. Seumpama nama email sama mirip dengan nama domain,itu bisa lebih pro dan jadi keren bukan..? Untuk layanan email harusnya bisa di akses dengan berbagai metode seperti IMAP,POP3 dan dapat online terus tanpa harus memikirkan buletin email,balasan otomatis dan filter spam karena umumnya layanan hosting yang baik tentu sudah menyediakan paket lengkap seperti itu ( mantap khan..?).

6. Akses kontrol panel.
Kontrol panel berfungsi untuk mengelola server dan website kita. Dari panel kontrol kita dapat dengan mudah mengubah website,menginstal perangkat lunak baru,memperbarui perangkat lunak,menambah fitur baru dan juga menambah layanan hosting jika perlu. Mengingat begitu pentingnya panel kontrol ini maka anda bisa menanyakan secara langsung opsi apa saja yang ada di kontrol panel...Opsi yang lengkap jadi pilihan utama untuk memilih penyedia jasa hosting!

7. Keamanan.
Pilihlah penyedia layanan hosting yang menawarkan perlindungan intrusi,firewall dan perlindungan terhadap segala bentuk malware. Penyedia hosting yang baik juga harus memiliki layanan pencadangan sehingga ketika situs anda offline, anda dapat dengan mudah memulihkan-nya.
Saat ini jika penyedia hosting tidak menawarkan keamanan yang powerfull maka kita wajib untuk TIDAK memilih mereka karena buat apa memakai penyedia hosting tanpa keamanan yang baik?

Demikian beberapa tips memilih hosting yang updatenya baru bisa saya tulis dibulan ini. Buat yang mau coba hosting dengan kriteria diatas,anda bisa memakai jasa hosting exabytes sebagai penyedia hosting dengan pengalaman yang mumpuni.
Semoga artikel ini dapat membantu dan akhir kata..wasalam.

Post a Comment

Berkomentar-lah sesuai topik..

Lebih baru Lebih lama