Cara mengetahui IMEI HP untuk di verifikasi

Aturan tertib IMEI atau International Mobile Equipment Identity berlaku kurang dari 40 hari lagi. Buat yang masih penasaran dengan aturan tentang IMEI maka garis besarnya adalah gadget yang dibawa atau dibeli dari luar negeri harus didaftarkan IMEI-nya. Khusus pendaftaran gadget seharga Rp7,1 juta,maka akan di kenakan pajak impor. Jadi sudah terdaftar belum IMEI gadget mu? atau ingin tahu lebih jelas tentang aturan IMEI ini?

IMEI merupakan identitas internasional yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA),terdiri dari 15 (lima belas) digit nomor unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang tersambung ke jaringan seluler. Nantinya nomor IMEI akan dijodohkan dengan MSISDN atau nomor identitas SIM Card dari operator seluler.
Cara mengetahui IMEI HP untuk di verifikasi
Kenapa pemerintah memberlakukan kewajiban daftar IMEI? tak lain agar masyarakat terlindung dari gadget ilegal,produk gelap karena di setiap yang berbau gelap pasti tidak ada jaminan garansi,layanan service dan sangat merugikan banyak pihak karena tak bayar pajak. Jadi nanti mulai 18 april 2020, pemerintah lewat kementerian Kominfo akan memerintahkan operator seluler untuk memutus jaringan telekomunikasi dan data ponsel dari HP yang tak terdaftar alias dari black market.
Jadi sudah cek belum resmi tidaknya IMEI HP anda? Ayo silahkan menuju situs kominfo untuk mengetahuinya.imei.kemenperin.go.id

Kalau kita beli di distributor resmi,nomor IMEI HP biasanya terdapat di boks kemasan atau berupa stiker yang tertempel di bodi smartphone bisa juga di balik cangkang belakang baterai.
Tapi bagi yang beli HP second biasanya nomer IMEI-nya ngga adalagi entah karena ngga ada box-nya ataupun hal lain.
Trus gimana tuch untuk mengetahuinya? tenang saja kamu cukup dial ke nomor *#06# setelah itu akan muncul diretan nomor imei. Silahkan copy/salin nomor tersebut,lanjut buka situs kemenperin untuk melakukan pengecek-an atau verifikasi. Jika sudah terdaftar berarti bersyukur aja karena HP anda dibeli dari distributor resmi dan di pastikan aman tapi kalau belum terdaftar, ini yang musti di tunggu regulasi karena cara registrasinya masih digodok dan sampai artikel ini di tulis,pemerintah masih belum mengumumkan panduan untuk registrasi bagi pemilik HP black market.

Post a Comment

Berkomentar-lah sesuai topik..

Lebih baru Lebih lama